PLN EPI tingkatkan kapasitas BUMDes di Gunungkidul

id BUMDes,kalurahan,PLN EPI,FGD,CSR

PLN EPI tingkatkan kapasitas BUMDes di Gunungkidul

Sariyanta (kanan), Direktur BUMDES Maju Mandiri Desa Bejiharjo pengelola kawasan Wisata Goa Pindul, Gunungkidul, DIY menjelaskan tentang Model Pengembangan Kelembagaan dan Bisnis BUMDes kepada 20 peserta dari BUMDes Kalurahan Gombang & Karang Asem, Gunungkidul. ANTARA/HO-PLN EPI

Jakarta (ANTARA) - PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menginisiasi program corporate social responsibility (CSR) yang fokus pada peningkatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kalurahan Gombang (Kapanewon Ponjong) dan Karang Asem (Kapanewon Paliyan), Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai komitmen perusahaan ikut serta dalam pengembangan ekonomi lokal.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan BUMDes serta merupakan bentuk dukungan dan komitmen perusahaan dalam menjalankan prinsip environmental, social dan corporate governance (ESG).

"Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi kalurahan serta dapat mendukung kemandirian kalurahan melalui pengembangan ekosistem usaha masyarakat yang terintegrasi," ungkap Iwan di Jakarta, Rabu.

Dikatakan, program tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan BUMDes, mendukung kemandirian ekonomi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pelaksanaan program melalui serangkaian pelatihan, studi banding, dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi pengurus BUMDes dalam tata kelola usaha. Peserta memperoleh pengetahuan mendalam tentang konsep dan regulasi BUMDes, praktik terbaik dalam pengelolaan usaha desa, strategi pengembangan unit usaha, pengembangan model bisnis, serta pemasaran produk.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN EPI tingkatkan kapasitas BUMDes di Gunungkidul DIY