Kemenkes RI-ACGME prioritaskan kesehatan jiwa peserta PPDS

id Kemenkes, Wamenkes,PPDS, kesehatan jiwa

Kemenkes RI-ACGME prioritaskan kesehatan jiwa peserta PPDS

Tangkapan layar - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI bersama Kemenkes, BPJS Kesehatan, dan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/6/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya/am.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Accreditation Council of Graduate Medical Education (ACGME) guna menjaga kesehatan mental para peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) melalui berbagai inisiatif, seperti sejumlah persyaratan program residensi.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan pihaknya menginisiasi program residensi dokter spesialis di Rumah Sakit Penyelenggara Pendidikan Utama (RSPPU) guna menjawab kebutuhan dokter spesialis di Indonesia.



Salah satu fokus utama dalam program residensi ini, katanya, adalah menjaga kesehatan jiwa dokter. Kesehatan jiwa dokter yang baik akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita dibentuk untuk menjadi dokter terbaik. Kementerian Kesehatan akan mengupayakan membentuk dokter yang sehat dan ahli di bidangnya,” ujar Dante.

Dia menilai dokter dengan kesehatan jiwa yang baik dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien, lebih kecil kemungkinan membuat kesalahan, dan lebih cenderung tidak meninggalkan profesi.

Dalam pernyataan yang sama, Chief of Staff dan Chief Education Officer ACGME, Dr Timothy Brigham mengutip sebuah studi 2017 yang menunjukkan bahwa penyebab utama kematian di kalangan residen pria di Amerika Serikat antara tahun 2000-2014 adalah bunuh diri.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkes dan ACGME utamakan kesehatan jiwa peserta PPDS
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024