Gim Indonesia tembus pasar global

id Gim nasional, hari gim indonesia

Gim Indonesia tembus pasar global

Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno (kiri) dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis (8/8/2024). ANTARA/Sinta Ambar

Jakarta (ANTARA) - Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan, sejumlah gim asal Indonesia telah mampu melenggang di pasar internasional yang meliputi Uni Eropa hingga Amerika Serikat.

“Sejumlah gim Indonesia sukses di internasional terutama di pasar bara seperti Amerika Serikat dan Eropa,” ujar Cipto saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Namun demikian, pihaknya turut mencatat adanya pasar potensial di kawasan timur yakni, China. Ia mengakui gim asal Indonesia mulai digandrungi pasar global.

“Jadi cukup anak negara yang menyukai gim-gim kita dan menunggu atau bahkan secara antusias mencari gim buatan Indonesia yang baru,” ujarnya pula.

Adapun genre atau aliran gim Indonesia yang banyak diminati pasar luar negeri meliputi genre horor, relaks, serta novel visual.

Menurutnya gim dengan genre relaks dan horor merupakan gim Indonesia yang diketahui mendulang kesuksesan.

Meski demikian, pihaknya juga mengakui bahwa ada beberapa tantangan dalam berkompetisi dengan pengembang gim luar negeri, yakni persoalan yang berkaitan dengan pendanaan.

Namun demikian lewat dukungan pemerintah lewat promosi dan publikasi ia yakin dapat membuat para investor atau calon mitra mampu menunjukkan minat untuk menjalin kerja sama.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AGI: Gim nasional berhasil tembus pasar internasional
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024