Polres Bantul menggelar bakti sosial dekatkan Polri pada masyarakat

id Bakti sosial kemerdekaan ,Polri untuk negeri ,HUT Kemerdekaan Rl

Polres Bantul menggelar bakti sosial dekatkan Polri pada masyarakat

Bakti sosial bertajuk "Bakti Kemerdekaan Bhayangkara Untuk Negeri" yang digelar Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta di Pesisir Samas, Bantul, Sabtu (10/8/2024) (ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar berbagai kegiatan bakti sosial bagi masyarakat pesisir pantai dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 RI sebagai upaya dari institusi Polri dalam mendekatkan diri kepada masyarakat.

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta dalam keterangannya di Bantul, Senin, mengatakan kegiatan bertajuk "Bakti Kemerdekaan Bhayangkara Untuk Negeri" itu meliputi bakti sosial berupa pembagian paket sembako, bakti kesehatan hingga bakti nada atau hiburan musik.

"Hal ini merupakan upaya Polri dalam mendekatkan diri kepada masyarakat, kita hadir di tengah-tengah masyarakat, itu adalah salah satu tujuan kami. Kami juga ingin anak-anak tidak takut kepada polisi," katanya.

Menurut dia, memaknai kemerdekaan adalah dengan menggelorakan semangat nasionalisme pada masyarakat, karena nilai-nilai luhur perjuangan dapat diteladani bersama, terutama mewujudkan situasi kamtibmas tetap aman dan damai.

"Segala perjuangan yang dilakukan bersama sama, serta jiwa raga ini untuk NKRI, satu rasa saling memiliki, saling bergandengan tangan berjuang untuk kemajuan," katanya.

Kapolres Bantul juga memberikan apresiasi kepada masyarakat pesisir Pantai Samas Kabupaten Bantul, yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan kepada jajarannya atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial kemerdekaan.

"Semoga apa yang kami lakukan dapat memberikan manfaat kepada warga masyarakat, khususnya warga pesisir Pantai Samas," katanya.

Bakti sosial Kemerdekaan untuk warga Pesisir Samas itu berupa pembagian sebanyak 112 paket sembako, pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada warga, dengan sebanyak 143 orang yang memanfaatkan pemeriksaan kesehatan gratis itu.

"Polres Bantul juga melakukan bakti nada berupa hiburan pertunjukan musik. Ini karena momennya bulan kemerdekaan, kami juga sisipkan lomba-lomba khas Agustus-an yang pesertanya anggota Polri, masyarakat dan juga anak-anak," katanya.

Sementara itu, Ketua RT 64 Samas, Kelurahan Srigading Bantul Sarijan mengatakan, warga antusias menyambut bakti kemerdekaan, dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk pengecekan kesehatan gratis lalu mendapatkan paket sembako dan mendapatkan hiburan.