Pemerintah tutup 69 perusahaan tidak memenuhi kewajiban devisa hasil ekspor

id PP DHE,OJK,BI,SDA

Pemerintah tutup 69 perusahaan tidak memenuhi kewajiban devisa hasil ekspor

Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (24/7/2023) (ANTARA/Bayu Saputra)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan hingga saat ini telah memblokir kegiatan usaha 69 perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban implementasi Devisa Hasil Ekspor (DHE).

“Ada 69 perusahaan yang belum memenuhi kewajiban DHE-nya, hingga sampai saat ini kita masih blokir kegiatan usahanya," kata Direktur Jenderal Bea Cukai Askolani saat konferensi pers APBN KiTa di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Devisa Hasil Ekspor (DHE) dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan, dan/atau Pengolahan Sumber Daya Alam, perusahaan eksportir yang memperoleh devisa hasil ekspor diwajibkan untuk menempatkan devisa tersebut ke dalam sistem keuangan Indonesia, khususnya melalui bank-bank yang beroperasi di Indonesia.

Eksportir yang tidak mematuhi ketentuan dalam PP ini akan dikenakan sanksi, baik dalam bentuk denda administratif maupun pembatasan kegiatan ekspor.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkeu blokir 69 perusahaan yang tak penuhi kewajiban DHE