DHE dukung stabilitas nilai tukar rupiah dan inflasi

id DHE,indef

DHE dukung stabilitas nilai tukar rupiah dan inflasi

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani memberikan paparan dalam diskusi publik Industrialisasi, Stabilisasi dan Ekonomi Keuangan Indonesia di Jakarta, Senin (21/8/2023). ANTARA/Martha Herlinawati

Jakarta (ANTARA) - Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani mengatakan kebijakan devisa hasil ekspor (DHE) mendukung stabilisasi nilai tukar rupiah dan pengendalian inflasi.

"Diperlukan DHE itu salah satunya juga untuk menjaga nilai tukar karena kalau kita tidak menjaga dari sisi nilai tukar dengan DHE, kesulitan kita adalah aliran dana banyak keluar, rupiah melemah, bisa jadi terjadi inflasi," kata Aviliani dalam diskusi publik virtual di Jakarta, Senin.

Aviliani menuturkan fluktuasi nilai tukar rupiah masih akan terus terjadi karena Indonesia menganut sistem devisa bebas sehingga menjadi tantangan bagi Indonesia untuk dapat menjaga nilai tukar rupiah di tengah besarnya pengaruh nilai tukar dolar AS terhadap rupiah.

Ia berharap pelaksanaan kebijakan DHE bisa efektif berjalan guna menjaga nilai tukar rupiah dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kebijakan Bank Indonesia dengan DHE ini harapannya nanti akan terealisasi di bulan Desember," ujarnya.

Bank Indonesia menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 7 Tahun 2023 tentang Devisa Hasil Ekspor dan Devisa Pembayaran Impor yang berlaku efektif pada 1 Agustus 2023. Ketentuan tersebut terutama mengatur prinsip dan instrumen penempatan DHE sumber daya alam (SDA) serta pengaturan pengawasan DHE SDA.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ekonom Indef: Kebijakan DHE dukung stabilisasi nilai tukar rupiah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024