Hadapi potensi megathrust, Komisi A DPRD DIY inisiasi pelatihan Pos Komunikasi Siaga Bencana Gempa

id Eko

Hadapi potensi megathrust, Komisi A DPRD DIY inisiasi pelatihan Pos Komunikasi Siaga Bencana Gempa

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatolgi, dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia berpotensi dilanda gempa berkekuatan besar atau megathrust.

Guna mencegah dan mengurangi dampak bencana gempa yang terjadi dibutuhkan kemampuan mitigasi bencana, terutama kemampuan dan kesiapsiagaan masyarakat agar tangguh kala hadapi bencana.

"Bencana gempa bumi, di Yogyakarta dalam skala besar pernah terjadi di 2006 dan berdampak pada masyarakat. Komisi A DPRD DIY inisiasi pelatihan pos komunikasi siaga gempa bagi perangkat kalurahan dan kelurahan," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Jumat, 16/8/2024.

Eko Suwanto menjelaskan dalam  rapat pembahasan KUA PPAS Tahun 2025 bersama BPBD DIY dan TAPD Pemda DIY telah dibahas sejumlah program kebijakan untuk mengantisipasi dampak bencana yang berpotensi terjadi. 

Bencana gempa salah satu yang membutuhkan kecakapan penanganan dan upaya pengurangan dampaknya.

"Informasi yang benar untuk mitigasi bencana penting terkelola dengan baik. Termasuk bagi perangkat desa dan kelurahan yang ada di DIY," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.