Indonesia memperkuat hilirisasi sawit tahun 2025 sejahterakan petani

id program biodiesel, impor solar, penghematan devisa,hilirisasi sawit

Indonesia memperkuat hilirisasi sawit tahun 2025 sejahterakan petani

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (keempat dari kanan) menghadiri konferensi pers RAPBN 2025 di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (16/8/2024) sore. ANTARA/Uyu Septiyati Liman

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah berupaya untuk memperkuat hilirisasi sektor perkebunan kelapa sawit tahun depan, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, menunjang kinerja ekspor, serta pengembangan energi terbarukan melalui biodiesel 35 (B35) dan 40 (B40).

“Hilirisasi selain dari sisi tambang juga dari sisi sawit, dan ini juga merupakan salah satu andalan dari Republik Indonesia,” ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada konferensi pers RAPBN 2025, di Jakarta, Jumat (16/8) sore.

Menkeu mengatakan bahwa optimalisasi nilai ekspor dari komoditas sawit bisa didapatkan dari pajak ekspor dan tarif bea keluar.

Kinerja ekspor sawit menunjukkan tren positif dengan meningkat dari 16,8 miliar dolar AS (Rp264,86 triliun, kurs hari ini 1 dolar AS=Rp15,765) pada 2015 menjadi 23,9 miliar dolar AS (Rp376,79 triliun) pada 2023.

Sri Mulyani juga menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong stabilisasi harga sawit pada ambang yang wajar untuk menjaga kesejahteraan para petani.

Ia menuturkan bahwa pemerintah juga berupaya menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga produk crude palm oil (CPO) beserta turunannya bagi para konsumen, salah satunya produk biodiesel.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah perkuat hilirisasi sawit pada 2025 demi sejahterakan petani
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024