PKB DIY menyerahkan rekomendasi pada Marija-Yusron di Pilkada Kulon Progo

id PKB,Pilkada Kulon Progo,Yogyakarta,Kulon Progo,Pilkada 2024,PKB DIY serahkan rekomendasi pada Marija-Yusron,rekomendasi

PKB DIY menyerahkan rekomendasi pada Marija-Yusron di Pilkada Kulon Progo

Ketua DPW PKB DIY Agus Sulistyo menyerahkan surat rekomendasi kepada Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yaitu Marija dan Yusron Martofa maju dalam Pilkada Kulon Progo. (ANTARA/HO-Dokumen PKB Kulon Progo)

Yogyakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah PKB Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan surat rekomendasi Nomor 36361/DPP/01/VIII/2024 mengusung pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yaitu Marija dan Yusron Martofa dalam Pilkada 2024 Kabupaten Kulon Progo.

Bakal Calon Wakil Bupati Kulon Progo Yusron Martofa di Yogyakarta, Rabu, mengatakan DPP PKB sudah menurunkan rekomendasi kepada Marija dan Yusron Martofa pada malam hari ini sebagai syarat pencalonan Pilkada 2024 di Kabupaten Kulon Progo.

"Kami siap menjalankan amanat itu untuk menang dalam Pilkada 2024 di Kabupaten Kulon Progo," kata Yusron saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan, polemik, proses dan dinamika politik sebelum turunnya rekomendasi adalah hal yang wajar, dan sangat dinamis. Hal itu merupakan hal biasa dalam politik, tetapi karena keputusannya adalah rekomendasi dari DPP PKB, maka seluruh struktur harus melaksanakannya.

"Oleh karena itu, saya menyampaikan permohonan maaf apabila dalam proses sebelumnya, dinamika di internal PKB ada hal-hal yang kurang berkenan mohon maaf dan saat ini untuk bersama-sama memenangkan Marija dan Yusron Martofa dalam Pilkada Kulon Progo," katanya.

Lebih lanjut, Yusron Martofa atau sering dipanggil Gus Yusron ini mengatakan, pihaknya segera berkoalisi dengan partai koalisi, yakni Partai Gerindra, PKB dan NasDem.

Selain itu, pada Kamis (29/8), Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, yaitu Marija dan Yusron Martofa akan melakukan pendaftaran ke KPU Kabupaten Kulon Progo.

"Setelah pendaftaran, kami akan melakukan komunikasi dan rapat internal tim pemenangan, partai koalisi, dan relawan yang sudah terbentuk," katanya.

Dia juga mengatakan, Bakal Calon Bupati Marija sendiri sudah bersosialisasi kepada masyarakat selama tiga tahun.

"Kami kira sudah cukup banyak popularitasnya di Kulon Progo, sehingga tinggal merumuskan strategi pemenangan," kata Gus Yusron.

Ketua DPC PKB Kulon Progo Sihabudin mengatakan segera melakukan konsolidasi dengan partai koalisi dengan Partai Gerindra dan NasDem Kulon Progo.

"Karena pasangan baru segera konsolidasi partai koalisi," katanya.

Selain itu, lanjut Sihabudin, tim koalisi tengah menyiapkan administrasi pendaftaran ke KPU Kabupaten Kulon Progo pada Kamis (29/8).

"Kita siapkan administrasi untuk pendaftaran besuk pagi. Kami di internal PKB segera merapatkan barisan jajaran pengurus DPC hingga DPAC," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kulon Progo Lajiyo Yok Mulyono mengatakan menyambut baik hasil rekomendasi dari DPP PKB untuk Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yaitu Marija dan Yusron Martofa dalam Pilkada Kabupaten Kulon Progo.

Dengan ini, jumlah suara sah dukungan dari tiga partai koalisi, yakni Gerindra, PKB dan NasDem sebanyak 95 ribu suara. Kemudian perolehan kursi di DPRD Kulon Progo sebanyak 12 kursi.

"Kami yakin dan optimistis pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, yaitu Marija dan Yusron Martofa bisa menang dalam Pilkada Kabupaten Kulon Progo 2024," katanya.