BMKG memodifikasi cuaca antisipasi hujan saat pembukaan PON XXI

id Pembukaan PON XXI,PON Aceh-Sumut 2024,BMKG,Modifikasi cuaca

BMKG memodifikasi cuaca antisipasi hujan saat pembukaan PON XXI

BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda bekerja sama dengan BNPB dan Smart Aviation melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mencegah hujan turun saat pembukaan PON) XXI Aceh-Sumut, di Banda Aceh Senin (9/9/2024). (ANTARA/HO/BMKG)

Banda Aceh (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mencegah hujan turun saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Operasi modifikasi cuaca ini sebagai antisipasi agar nanti pada saat pembukaan tidak turun hujan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan proses pembukaan PON," kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Kelas I SIM Nasrol Aidil di Banda Aceh, Senin.

Aidil mengatakan, operasi modifikasi cuaca ini mulai dilakukan sejak Minggu kemarin (8/9) hingga Selasa (10/9) menggunakan pesawat casa sortie 2 PK-SNN bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Aceh serta Smart Aviaton.

"Kami sudah melakukan tiga kali penerbangan mengangkut penyemaian garam sejak kemarin sore sampai hari ini dan akan terus dilakukan sampai tanggal 10 nanti," ujarnya.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG lakukan modifikasi cuaca antisipasi hujan saat pembukaan PON XXI