Sleman fasilitasi kemitraan pengusaha besar dan UMKM

id Wabup Sleman ,Kemitraan pengusaha UMKM ,UMKM Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Sleman fasilitasi kemitraan pengusaha besar dan UMKM

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meninjau produk UMKM Sleman pada kegiatan temu kemitraan pengusaha besar dan pelaku UMKM di Sleman, DIY, Rabu (11/9/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman, DIY (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan temu kemitraan antara pelaku usaha besar dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai upaya membawa UMKM naik kelas.

Dalam kegiatan di Sleman, Rabu, tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama kemitraan antara pelaku usaha besar dan UMKM, serta penyerahan apresiasi oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa kepada pelaku usaha.

Danang menyerahkan sertifikat kepada 18 pelaku usaha besar sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Sleman terhadap upaya kemitraan yang dilakukan bersama UMKM.

Selain itu, juga diserahkan plakat kepada empat pelaku usaha besar yang telah melakukan kemitraan secara berkelanjutan.

Danang mengatakan agenda temu kemitraan ini menjadi salah satu keseriusan Pemkab Sleman dalam memajukan UMKM di Kabupaten Sleman.

Melalui pertemuan ini, Danang mendukung terjalinnya kerja sama yang saling menguntungkan dan saling menguatkan di antara pelaku usaha besar dengan UMKM Sleman.

"Kegiatan ini tentunya akan semakin memperkuat komitmen kita bersama untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi dalam mengembangkan UMKM, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pengembangan potensi lokal dan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Ia juga mendorong para pelaku UMKM di Sleman untuk terus kreatif dalam berinovasi menciptakan berbagai produk sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar.

Menurut dia, langkah tersebut dapat meningkatkan jumlah pembeli yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan transaksi pelaku UMKM.

"Diharapkan kegiatan pada hari ini dapat menjadi penyemangat bagi para pelaku UMKM untuk senantiasa berinovasi dan senantiasa menyesuaikan diri dengan dinamika yang terjadi di masyarakat. Dengan upaya tersebut UMKM di Sleman dapat semakin eksis dan berkembang," katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sleman Retno Susiati mengatakan pihaknya telah melakukan pendampingan terhadap 30 pelaku usaha besar dengan 222 UMKM di Kabupaten Sleman.

Bentuk kemitraan yang telah dilakukan di antaranya berupa jasa, pemasok, hingga pembelian produk.

"Upaya ini diharapkan dapat mewujudkan pemerataan kesempatan dan kontribusi UMKM dalam peningkatan perekonomian di Kabupaten Sleman, juga menjaga kepastian dan keberlangsungan usaha yang saling menguntungkan antara UMKM dan pelaku usaha besar," katanya.

Selain penandatanganan kerja sama antara pelaku usaha besar dan UMKM, DPMPTSP juga memfasilitasi pelaku usaha dengan kegiatan sosialisasi terkait pengembangan usaha melalui pola kemitraan, digitalisasi pemasaran, dan dialog best practice kemitraan usaha.

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024