Dukung Pembinaan Atlet, Harda Kiswaya Dorong Turnamen Voli di setiap kalurahan

id Harda-Danang,Pilkada 2024,Turnaman voli,Sleman

Dukung Pembinaan Atlet, Harda Kiswaya Dorong Turnamen Voli di setiap kalurahan

Pertandingan bola voli antarkabupaten di Kabupaten Sleman, DIY. (ANTARA/HO-Tim media relawan Harda Kiswaya.)

Sleman (ANTARA) - Calon Bupati Sleman nomor urut dua Harda Kiswaya menegaskan pentingnya penyelenggaraan turnamen voli tiap kalurahan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk melahirkan atlet-atlet berbakat dan profesional.

Harda yang maju di Pilkada Sleman 2024 bersama Danang Maharsa di Sleman, Minggu, mengatakan turnamen voli di tingkat kalurahan dapat menjadi ajang pembinaan atlet serta penggerak perekonomian lokal. 

"Turnamen semacam ini memberikan peluang bagi atlet untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan melalui kompetisi yang berkesinambungan. Turnamen voli, dapat menjadi ruang bagi para atlet untuk bertanding secara rutin," kata Harda dalam rilisnya.

Menurut dia, turnamen voli di setiap kalurahan ini berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan mereka. Selain itu, bibit-bibit atlet baru dapat muncul dari ajang-ajang seperti ini.

Tak hanya dari sisi olahraga, Harda juga menyoroti dampak ekonomi yang ditimbulkan dari turnamen bola voli tingkat desa atau kalurahan. Menurutnya, kehadiran turnamen ini mampu memutar roda perekonomian warga setempat, khususnya melalui sektor perdagangan. 

"Kegiatan seperti ini menarik banyak penonton, termasuk dari luar daerah. Ini memberikan peluang bagi warga lokal untuk berjualan di sekitar lokasi pertandingan, yang tentu saja berdampak positif bagi perekonomian mereka," katanya.

Untuk mendukung perkembangan olahraga voli di Sleman, mantan Sekda Sleman ini berencana untuk mendorong lebih banyak penyelenggaraan turnamen voli di tiap kalurahan di masa mendatang. 

"Antusiasme masyarakat terhadap voli sangat tinggi, ini merupakan potensi besar, baik dalam pembinaan atlet maupun untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Oleh karena itu, kita perlu terus mendukung dan mengembangkan turnamen-turnamen seperti ini," tegas Harda.

Sementara itu, Ketua Panitia Turnamen Cakra Cup 2024 Purwanto mengungkapkan bahwa turnamen tahun ini diikuti puluhan tim putra dari berbagai daerah di DIY dan luar provinsi.

Babak final tim putra mempertemukan Pelita Wukirsari Cangkringan melawan Saka 36 dari Maguwoharjo, sementara di final tim putri, WSS Trans Galagaharjo Cangkringan berhadapan dengan Sambanggo dari Kulon Progo.