BI targetkan 500.000 wirausahawan baru pada 2015

id wira usahawan baru target

BI targetkan  500.000 wirausahawan baru pada 2015

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution (antaranews.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Bank Indonesia menargetkan ada sekitar 500.000 wirausahawan nasional baru pada tahun 2015.

"Pada 2015 ditargetkan ada sekitar 500.000 wirausahawan baru sehingga pada 2025 jumlahnya bisa mencapai sekitar lima juta wirausahawan," kata Gubernur BI Darmin Nasution dalam sambutan di acara Pembukaan Global Entrepreneurship Week di Jakarta, Senin.

Dengan demikian, pemerintah menargetkan adanya pertumbuhan wirausahawan baru sebanyak 500.000 wirausahawan setiap tahunnya.

Menurut Darmin, pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam lima tahun ke belakang tergolong stabil. Pertumbuhan yang stabil itu didukung oleh pertumbuhan konsumsi masyarakat yang relatif tinggi.

"Pertumbuhan konsumsi ini, bisa dimanfaatkan atau tidak oleh wirausahawan," kata dia.

Apalagi, menurut Darmin, dalam tiga tahun terakhir penanaman modal asing mayoritas ditujukan untuk memenuhi pasar dalam negeri.

"Bukan untuk ekspor karena ekonomi dunia sedang melambat," kata dia.

Bank Indonesia juga mendorong perusahaan-perusahaan yang memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membuat kegiatan sosial yang ditujukan untuk melahirkan wirausahwan baru dan memberikan pendidikan keterampilan yang relevan.

Meski terhambat dalam bidang infrastruktur, membangkitkan wirausaha nasional ditambah pendidikan keterampilan berwirausaha juga tak kalah penting.

"Walau secara kasat mata, memang lebih banyak kekurangan infrastruktur," kata dia.

Kampanye Global Entrepreneurship Week diikuti oleh sekitar 125 negara di dunia. Keikutsertaan Indonesia dalam kampanye itu menunjukkan bahwa pemerintah bersungguh-sungguh untuk membangkitkan semangat wirausaha di kalangan muda tanah air.
(A062)

Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar