200 domba ikuti Festival 'Domba Catwalk'

id doma cat walk

200 domba ikuti Festival 'Domba Catwalk'

Domba berpakaian unik (Foto kaskus.us) (kaskus.us)

Garut (Antara Jogja) - Sebanyak 200 ekor domba Garut mengikuti festival "Domba Catwalk" atau peragaan memakai busana unik dalam rangkaian memeriahkan hari jadi Garut ke 2 abad di alun-alun Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Ketua Panitia "Domba Catwalk", Deni Rinjani mengatakan kegiatan itu merupakan kelima kalinya digelar setiap tahun sebagai upaya melestarikan domba garut.

"Tujuan kegiatan ini sebagai cara kami untuk melestarikan domba garut, dan acara tahun ini berhasil meraih Muri kategori domba terbanyak dan unik," katanya.

Hewan sebagai ciri khas Kabupaten Garut itu, kata Deni bukan hanya tampil dalam laga adu ketangkasan domba, tetapi bisa ditampilkan dengan memakai busana unik untuk menghibur masyarakat.

Ia berharap melalui "Domba Catwalk" seluruh lapisan masyarakat Garut dan luar daerah dapat mengetahui keunggulan domba garut.

"Kami berharap domba bukan hanya dikenal saat laga adu tangkas saja, tapi bisa dengan cara unik tampil diatas panggung," katanya.

Salah seorang pengurus padepokan domba garut, Cepi Mulyadi mendukung diselenggarakannya kegiatan "Domba Catwalk" sebagai cara melestarikan domba garut dan menjalin silaturahmi dengan para pemilik domba garut.

Ia berharap kedepan "Domba Catwalk" dapat terus digelar setiap tahun dengan jumlah domba lebih banyak lagi.

"Dengan acara ini menambah semangat para peternak domba garut, dan para seni domba tangkas lainnya untuk ikut tampil," kata Cepi dari Padepokan asal Kecamatan Cilawu.

Pemilik domba lainnya, Bah Kokoh (42) sengaja menampilkan domba betina, bukan domba jantan seperti peserta umumnya.

Domba betina yang dibawa Bah Kokoh itu dipakaikan kerudung, kemudian kain warna putih menutup badan domba tersebut serta hiasan lainnya.

"Saya tampilkan domba betina agar beda dari yang lain, sehingga lebih unik dan bisa menarik perhatian penonton," katanya.

Sementara itu, domba satu per satu tampil berjalan diatas panggung bersama pemiliknya dengan berbagai macam pakaian yang unik.

Domba garut yang tampil itu dinilai oleh tim juri dengan kategori penilaian keunikan pakaian, keselarasan dan ketegakan badan domba saat berjalan serta kesehatannya. (KR-FPM)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024