Gamatechno-UST luncurkan aplikasi MCampus

id gamatechno-ust luncurkan

Gamatechno-UST luncurkan aplikasi MCampus

Ilustrasi (Foto nurulchofiatush12.wordpress.com)

Jogja (Antara Jogja) - Gamatechno bekerja sama dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta meluncurkan aplikasi Mobile Campus (MCampus) untuk mempermudah aktivitas sivitas akademika dan meningkatkan layanan kepada mahasiswa.

"MCampus adalah sebuah `gateway` informasi kampus dalam bentuk aplikasi mobile. MCampus tersedia dalam `platform` Android dan dapat diunduh dari akun pengembang Gamatechno di Google Play Store," kata Direktur Gamatechno Aditya Hidayat di Yogyakarta, Rabu.

Di sela peluncuran aplikasi Mcampus, ia mengatakan mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) dapat menggunakan aplikasi itu secara gratis dan mendapatkan beberapa fitur utama MCampus.

Beberapa fitur itu di antaranya informasi layanan akademik yang meliputi jadwal kuliah dan ujian, nilai, transkrip, beasiswa, dan pembayaran serta layanan berbagai informasi tersebut melalui media sosial.

Menurut dia, UST memiliki komitmen kuat untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam memberikan layanan terbaik kepada para mahasiswa dan telah mengimplementasikan sistem informasi terintegrasi dari Gamatechno

"Ke depan, aplikasi Mcampus akan terus dikembangkan lebih lanjut untuk memberikan `benefit` lebih kepada sivitas akademika baik dari sisi `platform` maupun fitur tambahan seperti `push message`, `event information`, `geolocation`, dan NFC," katanya.

Rektor UST Pardimin mengatakan UST menjadi kampus pertama yang menggunakan aplikasi MCampus untuk Andorid. Namun, secanggih apa pun fasilitas peralatan itu tergantung pada manusia termasuk komitmen terhadap kemajuan dan perkembangan teknologi.

Menurut dia, UST beberapa tahun lalu telah memiliki komitmen menertibkan dan mendisiplinkan pembayaran mahasiswa dan "input" nilai oleh dosen sehingga tidak ada alasan bagi dosen terlambat memasukkan nilai mahasiswa.

"Meningkatnya fasilitas peralatan harus dibarengi semangat dan komitmen untuk memajukan lembaga. Dengan demikian, kelengkapan fasilitas peralatan benar-benar dapat dirasakan manfaatnya," kata Pardimin.

Pimpinan Yayasan UST Adi Susanto mengatakan fasilitas peralatan tersebut untuk mendukung administrasi dalam perspektif operasinal untuk mendukung tugas sehingga menjadi lebih mudah dan ringan.

"Kami mendukung universitas dalam menggunakan aplikasi MCampus untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa dan mempermudah aktivitas sivitas akademika dalam memajukan lembaga," katanya.

Ketua Panitia Nanang Bagus mengatakan peluncuran aplikasi MCampus diharapkan menjadi salah satu momentum tepat dengan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2014-2015 sehingga citra UST semakin positif di mata sivitas akademika dan pemangku kepentingan khususnya calon mahasiswa baru.

"Pemanfaatan aplikasi MCampus itu diharapkan dapat menjadikan UST menuju kampus yang modern dan maju dalam memanfaatkan teknologi informasi sehingga layak diperhitungkan baik secara lokal, nasional maupoun internasional," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024