Fakultas Pertanian UST kirim mahasiswa ke Jepang

id fakultas pertanian ust

Fakultas Pertanian UST kirim mahasiswa ke Jepang

sejumlah mahasiswa fakultas pertanian Universitas sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta saat kuliah lapangan dengan ahli dari Jepang. (dok)

Jogja (Antara Jogja) - Fakultas Pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta mengirimkan dua mahasiswa dan seorang dosen ke Jepang untuk menjalani program kerja sama pertukaran mahasiswa/dosen dengan Universitas Saitama.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta Sri Endah PS secara resmi melepas mereka dalam suatu acara di kampus universitas itu, Selasa petang.

"Pengiriman mahasiswa dan dosen tersebut atas kerja sama Universitas Saitama Jepang, dan bertindak sebagai fasilitator adalah Japan Interstudy Center Indonesia di Yogyakarta," kata Sri Endah.

Menurut dia, mereka yang dikirim ke Jepang itu masing-masing Ari Triwahyu, mahasiswa prodi Agro Teknologi, dan Puji Waluyo mahasiswa prodi Agri Bisnis.

Sedangkan dosen yang dikirim Jascobus Sunaryo dari Fakultas Pertanian UST.

"Kedua mahasiswa tersebut nantinya akan berangkat ke Jepang pada 18 Juli 2014, dan mereka di sana akan belajar ilmu pertanian di Universitas Saitama selama tiga bulan, dan dosen tersebut akan berada di Jepang selama tiga minggu untuk melakukan penelitian," katanya.

Ia mengatakan kerja sama pertukaran mahasiswa/dosen itu sebagai suatu berkah bagi Fakultas Pertanian UST Yogyakarta, karena mereka memperoleh kesempatan menimba ilmu di negara maju khususnya dalam bidang pertanian.

"Kami mengharapkan agar setelah mereka tiba kembali dari Jepang akan menggunakan ilmu yang diperolehnya untuk meningkatkan kualitas Fakultas Pertanian UST Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, Manajer Japan Interstudy Center (JIC) Indonesia di Yogyakarta Heri Purwanto selaku fasilitator kerja sama pertukaran mahasiswa/dosen tersebut mengatakan pengiriman mahasiswa/dosen Fakultas Pertanian UST ke Jepang sebagai bagian dari program perubahan mahasiswa/dosen perguruan tinggi di Indonesia.

"Selama di Jepang, mereka akan mempelajari bidang pertanian, untuk nantinya diharapkan hasil menimba ilmu itu dapat diterapkan di Indonesia. Pengiriman mahasiswa/dosen pertanian di Yogyakarta merupakan yang pertama kalinya, dan diharapkan akan berrlanjut di masa mendatang," katanya.

Acara pelepasan tersebut dihadiri sejumlah mahasiswa, dosen dan para pejabat struktural Fakultas Pertanian UST Yogyakarta.

(H008)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024