Badingah-Immawan memenangkan Pilkada 2015 Gunung Kidul

id Badingah-Immawan menang

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Badingah-Immawan Wahyudi memenangkan Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2015 di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan memperoleh 39 persen suara.

"Dari hasil rekapitulasi yang ada diketahui bahwa petahana Badingah-Immawan Wahyudi menang memperoleh 39 persen dengan total suara mencapai 167.915 suara," kata Ketua KPU Gunung Kidul M Zaenuri Ikhsan dalam rapat rekapitulasi perolehan suara peserta Pilkada 2015 di Gunung Kidul, Rabu.

Ia mengatakan pasangan petahana yang diusung oleh koalisi PAN, Golkar, PPP, Hanura, dan Nasdem berhasil mengalahkan pasangan lainnya dengan total suara mencapai 167.915 suara. Selanjutnya, Djangkung Sudjarwadi-Endah Subekti Kuntariningsih dengan 104.440 suara.

Dia mengatakan, Benyamin Sudarmad-Mustangid memperoleh 98.379 suara dan Subardi-Wahyu Purwanto harus puas dengan perolehan 54.076 suara.

"Kami memberikan kesempatan kepada tim ataupun pasangan calon kepala daerah yang akan mengguat di Mahkamah Konstitusi (MK) diberikesempatan tiga hari kedepan. Bila tidak ada gugatan, maka akan ditetapkan pada 22 Desember," katanya.

Zaenuri mengatakan dari rekapitulasi diketahui ada beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ada kesalahan penulisan jenis kelamin.

"Hal itu bukan kesalahan fatal, hanya administrasi saja, dan tidak akan berpengaruh terhadap perolehan suara," katanya.

Komisioner KPU DIY Hamdan Kurniawan yang hadir ini juga mengapresiasi pelaksanaan pilkada di Gunung Kidul yang berjalan lancar, tertib dan aman.

"Bahkan pasangan yang kalah silaturahmi pada calon yang menang. Ini sangguh luar biasa dan bisa ditiru masyarakat daerah lain," tuturnya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar