Layanan "mobile" Perpusda Yogyakarta tunggu ketersediaan armada

id Layanan mobile Perpusda Yogyakarta tunggu ketersediaan armada

Layanan "mobile" Perpusda Yogyakarta tunggu ketersediaan armada

Bulan buku Jogja 2012 YOGYAKARTA - Seorang pengunjung membaca buku di Perpustakaan Kota Yogyakarta, Kotabaru, Yogyakarta, Jumat (8/6). Perpustakaan Kota Yogyakarta selama kurun waktu Mei hingga September '12 menggelar kegiatan bertajuk "Bulan Buku Jo

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta masih menunggu ketersediaan armada untuk merealisasikan dua jenis layanan "mobile" ke wilayah, yaitu layanan "Monika" dan "Puspita".

"Harapannya, kedua layanan tersebut bisa direalisasikan tahun ini. Kami sudah siap, tinggal menunggu ketersediaan armada karena harus melalui lelang," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, kedua layanan "mobile" tersebut mendukung peningkatan budaya literasi di masyarakat karena masyarakat semakin mudah mengakses buku dan informasi.

Melalui layanan "Monika" atau mobil internet kewilayahan, warga di wilayah bisa dengan mudah mengakses internet secara gratis untuk mencari berbagai informasi. Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta berencana menyiapkan dua armada "Monika".

Di dalam setiap armada "Monika" akan dilengkapi dengan tujuh unit komputer dan jaringan "wifi". Layanan "Monika" akan berada di pusat-pusat keramaian masyarakat. Setiap titik akan dilayani selama dua hingga tiga jam.

"Layanan ini akan dilakukan setiap hari, dari Senin hingga Senin lagi mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Satu hari, bisa melayani sekitar enam titik," katanya yang menyebut sudah mengatur jadwal kunjungan Monika.

Ia menjamin, layanan internet yang diakses melalui "Monika" adalah internet yang aman dan tidak mengandung unsur pornografi, judi, serta konten kekerasan.

Selain itu layanan "Puspita" atau Perpustakaan Satelit akan memiliki dua unit armada yang akan berkeliling ke berbagai lokasi layanan publik di wilayah seperti kelurahan, kecamatan, dan pusat keramaian saat sore hingga malam hari.

Layanan "Puspita" bisa diakses setiap hari dari pukul 08.00- 21.00 WIB. Layanan tersebut menyediakan berbagai koleksi bacaan, mulai dari buku fiksi dan nonfiksi serta bacaan populer seperti majalah dan koran.

"Sambil menunggu layanan di kelurahan atau kecamatan, warga bisa mengakses bacaan di mobil `Puspita`," katanya.

Wahyu berharap, kedua layanan yang bisa menjangkau hingga ke wilayah tersebut semakin menciptakan atmosfer Yogyakarta sebagai kota pendidikan.
(E013)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024