Presiden lantik Jonan-Arcandra untuk Kementrian ESDM

id Menteri esdm

Presiden lantik Jonan-Arcandra untuk Kementrian ESDM

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mensesneg Pratikno (kiri) menjawab pertanyaan wartawan terkait jabatan Menteri ESDM di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/10). Presiden menyebutkan bahwa ada beberapa nama masuk kandidat calon Menteri ESDM, te

Jakarta (Antara) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM di Istana Negara Jakarta, Jumat.

Pelantikan Menteri ESDM diketahui meluas sesaat sebelum jadwal keberangkatan Presiden Jokowi untuk kunjungan kerja (kunker) ke Kalimantan Barat (Kalbar).

Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar juga telah berada di Istana Negara, Jakarta, dan mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pihak.

Ignasius Jonan diangkat sebagai Menteri ESDM Kabinet Kerja sisa masa jabatan 2014-2019 melalui Keputusan Presiden Nomor 114/P/2016 tentang pengangkatan Menteri ESDM Kabinet Kerja untuk sisa masa jabatan 2014-2019.

Sedangkan Arcandra Tahar diangkat sebagai Wakil Menteri ESDM diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115/P/2016.

Presiden Jokowi sebelum melantik mengambil sumpah keduanya di Istana Negara Jakarta.

Presiden dijadwalkan kunker ke Kalbar bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma Jakarta pada Kamis (14/10) sekitar pukul 14.30 WIB.

Namun sebelum keberangkatan tersebut, Presiden Jokowi melantik kedua pejabat tersebut untuk duduk di Kementerian ESDM.

Pada malam sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan bahwa Menteri ESDM yang akan dilantik akan dipilih dari kalangan profesional.

Pada kesempatan pelantikan tersebut hadir para pejabat negara termasuk para Menteri Kabinet Kerja di antaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.
***2***(H016)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024