Aerofood implementasikan sistem pengadaan barang "e-procurement"

id Sosialisasi Go-Live E-Procurement

Suasana sosialisasi "Go-Live E-Procurement" di Kantor PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS) Yogyakarta. (Foto Antara/Andreas)

Jogja (Antara) - PT Aerofood Indonesia anak perusahaan dari Garuda Indonesia yang fokus menyediakan layanan katering premium bagi maskapai penerbangan, mulai mengimplementasikan sistem pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik atau "e-procurement".

"Sistem itu untuk memastikan proses pengadaan di Aerofood berlangsung lebih transparan dan profesional. E-procurement yang digunakan Aerofood adalah solusi e-procurement berbasis cloud yang dikembangkan PT Abyor International," kata Direktur Keuangan PT Aerofood Indonesia Ferry Toga di Yogyakarta, Rabu.

Di sela sosialisasi "Go-Live E-Procurement", Ferry mengatakan penggunaan arsitektur berbasis "cloud" juga memungkinkan Aerofood melakukan penghematan yang besar dari biaya infrastruktur yang biasanya diperlukan dalam mengimplementasikan sebuah sistem "e-procurement" yang melayani kebutuhan operasional di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

"E-procurement adalah suatu proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara elektronik melalui web atau berbasis internet sehingga sistem itu dapat diakses kapan saja dan di mana saja," katanya.

Menurut dia, solusi "e-procurement" yang saat ini diimplementasikan di Aerofood mencakup tiga modul utama yakni modul vendor management, modul sourcing management, dan modul dashboard.

"Implementasi sistem e-procurement di Aerofood menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses pengadaan, meningkatkan akses pasar, dan menciptakan persaingan usaha yang adil yang memungkinkan semua pihak memenuhi persyaratan dapat menjadi mitra bisnis kami secara efektif dan efisien," katanya.

Selain itu, menurut Ferry biaya operasional dapat dikurangi secara signifikan karena tidak diperlukan lagi penyerahan dokumen fisik dan proses administrasi yang memakan waktu dan biaya.

Presiden Direktur PT Abyor International Hari Tjahjono mengatakan digitalisasi berbagai aktivitas "procurement" akan memudahkan Aerofood dalam mengelola proses pengadaan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik.

Penggunaan aplikasi "e-procurement", menurut dia juga memastikan proses pengadaan di Aerofood berlangsung lebih transparan dan profesional.

"Kami bangga produk procura yang kami kembangkan dapat berperan dalam merealisasikan visi Aerofood dalam bidang pengadaan menjadi sebuah solusi nyata yang bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak yang terlibat," kata Hari.

Project Manager E-Procurement PT Aerofood Indonesia Muhammad Sony Rahmad mengatakan sosialisasi "Go-Live E-Procurement" itu untuk mendukung transformasi pengadaan yang efisien, transparan, efektif, dan akuntabel.

"Sosialisasi `Go-Live E-Procurement` yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti 40 mitra Aerofood," kata Sony.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar