62 penerjun mancanegara ramaikan JIAS 2017

id Jias

62 penerjun mancanegara ramaikan JIAS 2017

Ilustrasi terjun payung (Foto Pentak Lanud Adisutjipto)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sebanyak 62 penerjun berasal dari 12 negara andil dalam "Jogja Inernational Air Show" 2017 yang rencananya digelar mulai 26 April hingga 30 April 2017.

"62 penerjun mancanegara tersebut, yakni dari Amerika, Malaysia, Cina, Filipina, Kanada, Rusia, Thailand, Nurwegia, Eropa, Prancis, Belgia, dan Jerman," kata Komandan Lanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Novyan Samyoga pada konferensi pers di Kantor Kepatihan Gubernur DIY di Yogyakarta, Selasa.

Dia mengatakan agenda tahunan itu yang dahulu bernama "Jogja Air Show" sekarang menjadi "Jogja International Air Show" (JIAS), karena kegiatan tersebut bertaraf Internasional.

"JIAS merupkan rangkaian dari Bulan Dirgantara, yang sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai `event`, dan kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY," katanya.

Ia mengharapkan JIAS 2017 dapat menjadikan daya tarik wisata di Yogyakarta, baik wisatawan domestik maupun mancangara.

Rencananya, pada 21 hingga 26 April akan ada pameran foto yang bersifat terbuka untuk umum, bertempat di Jogja City Mall (JCM ) Yogyakarta. Jupiter Aerobatik Team atau The Jupiters juga akan memeriahkan kegiatan internasional tersebut.

"JIAS tahun ini akan dilaksanakan di lima kabupaten/kota di DIY, yaitu 26 April di Lapangan Terbang Gading Gunung Kidul, 27 April di Shiwa Candi Prambanan, Sleman, 28 April di Alun-Alun Wates Kulon Progo, 29 April di Alun-Alun Utara dan Jalan Malioboro Yogyakarta," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menyampaikan bahwa jumlah kunjungan wisatawan pada gelaran JIAS 2017 ditargetkan mencapai 75 ribu orang dengan asumsi perincian 50 ribu orang di kawasan pantai, 20 ribu orang di kawasan kota, dan 5.000 orang di kawasan Candi Prambanan.

Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto Yogyakarta selaku Ketua Harian FASI DIY Kolonel Indan Gilang Buldansyah mengatakan dalam JIAS akan ada pemecahan rekor nasioanal Big Formation dengan 30 Jumper Gun yang diturunkan dari pesawat Hercules C 31.

"Pemecahan Rekor Big Formation Terjun Payung, Pemecahan Rekor Terbang bersama terbanyak, terbang paramotor dan paralayang, penerbangan Chuck Glider terbanyak, Bogie jumping dengan DZ di gumuk pasir Kabupaten Bantul," katanya.

Ia berharap melalui JIAS selain meningkatkan prestasi para atlet, juga masyarakat bisa mengenal dan mencintai olahraga kedirgantaraan.

"Selain itu juga `event` ini menjadi program tahunan Gatering Potensi Kedirgantaraan," katanya.

Adapun cabang yang akan dilombakan mulai 21 hingga 26 April, antara lain Microligh, Terbang Layang, Terjun Payung, Para Motor, Para layang, dan Gantole. ***1***

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024