Jokowi-Anis tidak bahas reklamasi pantai

id Jokowi-Anis tidak bahas reklamasi pantai

Jokowi-Anis tidak bahas reklamasi pantai

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberi keterangan kepada wartawan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/10). ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/ama/17

Jakarta (Antara) - Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan-Sandiaga Uno di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, tidak membahas mengenai reklamasi pantai Jakarta.

"Tidak disinggung," kata Anis Baswedan kepada wartawan ketika ditanya apakah pertemuan menyinggung reklamasi di Jakarta.

Anies menyebutkan ada enam topik utama yang dibahas dalam pertemuan itu, pertama, soal Asian Games di mana Jakarta sebagai salah satu penyelenggara harus siap untuk itu.

"Kedua soal MRT, bagaimana proyek itu bisa selesai tepat waktu dan bisa mengurangi masalah kemacetan di Jakarta, ketiga, LRT, keempat trotoar terkait penyelenggaraan Asian Games sehingga tamu asing mendapat pengalaman yang baik selama di Jakarta," katanya usai pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam.

Keempat, lanjut dia, membahas masalah pemukiman kumuh, kelima, penanganan banjir, dan keenam mengenai sodetan Sungai Ciliwung.

Menurut dia, Pembicaraan berkembang mengenai penyelenggaraan stadion karena semua pihak ingin stadion di Jakarta merupakan stadion yang bisa dijadikan rujukan dengan standar internasional.

"Kita banyak membicarakan infrastruktur di Jakarta, kita ingin memastikan proyek proyek seperti MRT, mengurangi simpang sebidang berjalan dan memastikan semua proyek berjalan 'on time on budget' dan kualitasnya baik," ujarnya.

Mengenai kampung kumuh, Anies mengatakan Presiden tidak membahas secara khusus lokasi kampung kumuh di Jakarta.

"Tidak disebut secara khusus lokasinya di mana, tapi merupakan program prioritas. Beliau tahu di Jakarta ada sekitar 220 kampung kumuh yang perlu penanganan," tuturnya.

Anies juga menyebutkan dalam kesempatan itu Presiden Jokowi membagikan pengalamannya sealam menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Beliau menceritakan pengalaman di birokrasi, DPRD, beliau menekankan pentingnya komunikasi dengan pihak lain karena itu kunci keberhasilan, penataan seperti penataan Waduk Pluit," katanya.

Sementara itu mengenai kawasan Tanah Abang yang kembali semerawut, Anies mengakui dirinya mendengar hak itu sudah sejak Mei 2017.

"Perbaikan itu harus terus dilakukan dengan kesadaran, jangan ada perbaikan karena semata mata takut, kalau takut, ya akan semerawut lagi," ucapnya.

Sementara itu Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Presiden Jokowi mengharapkan jalan-jalan dan trotoar di atas MRT agar dirapikan.

"Sehingga nanti wisatawan, atlet yang berkunjung ke Jakarta akan melihat kesan yang baik. Beliau menyampaikan detil sekali, termasuk pengelolaan stadion," kata Sandiaga Uno. ***2***(A039)