Mendagri membuka Pornas Korpri XIV di Yogyakarta

id Mendagri membuka Pornas Korpri XIV di Yogyakarta

Mendagri membuka Pornas Korpri XIV di Yogyakarta

Pembukaan Pornas Korpri ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Mendagri bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Gubernur DIY Sultan HB X, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh. (Foto Antara/Luqma

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membuka secara resmi Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia XIV Tahun 2017 di Gedung Olahraga Amongrogo, Yogyakarta, Kamis.

"Pornas Korpri ini utamanya tidak untuk mencari siapa yang kalah atau menang, tetapi membangun rasa kebersamaan, kebersamaan, solidaritas, dan membangun rasa gotong royong di lingkungan PNS ," kata Tjahjo saat membuka acara itu.

Pembukaan Pornas Korpri ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Mendagri bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Gubernur DIY Sultan HB X, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh.

Tjahjo mengatakan tujuan utama penyelenggaraan Pornas Korpri adalah untuk menciptakan rasa kebersamaan sekaligus menjadi ajang komunikasi antarpegawai negeri di seluruh Indonesia. "Agar menjadi ajang komunikasi antardaerah mana-mana yang perlu ditiru yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat," kata dia.

Meski demikian, ia juga berharap Pornas Korpri yang akan dihelat hingga 8 November 2017 itu bisa melahirkan bibit-bibit atlet unggulan yang mampu mengharumkan nama bangsa.

Ia berharap gelaran Pornas Korpri menjadi ajang pemanasan menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. "Agar muncul gema, muncul suasana pemanasan bahwa olahraga memang harus menjadi bagian yang harus kita kembangkan di Indonesia," kata dia.

Menpora Imam Nahrawi juga menganggap Pornas Korpri XIV menjadi momen yang tepat untuk membangkitkan semangat olahraga jelang ajang Asian Games 2018 yang akan digelar di Indonesia itu.

"Ini menjadi momentum membanggakan di saat atlet muda kita membutuhkan dukungan, doa, serta inspirasi dan saat bersamaan jajaran Korpri mengistikomahkan hal itu," kata dia.

Pornas Korpri XIV diikuti 34 kontingen dari Provinsi di seluruh Indonesia, 37 kontingen dari kementerian dan lembaga, serta diikuti 2.671 peserta atlet dan pelatih. Pornas Korpri XIV memperebutkan Piala Bergilir Presiden yang saat ini dipegang Kontingen Jawa Barat.

"Saya minta tolong seluruh atlet yang akan bertanding bahwa kemenangan bukan yang pertama dan utama tetapi yang penting adalah saudara bisa menujukkan teknik pertandingan yang terbaik," kata Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh.














(T.L007)