500 ikan guppy ikuti kontes di Yogyakarta

id Guppy

500 ikan guppy ikuti kontes di Yogyakarta

Sebanyak 500 ikan guppy ikut Jogja Guppy Contest 2018 di JEC Yogyakarta. (Foto istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 500 ikan guppy mengikuti Jogja Guppy Contes 2018 yang diselenggarakan Indonesia Guppy Popularize Association (IGPA) Yogyakarta di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Minggu.

"Kontes itu tidak hanya untuk 'breeder' dalam teritorial Yogyakarta saja, tetapi juga seluruh 'breeder' di Indonesia. Kontes itu dihadiri seluruh perwakilan daerah di Nusantara," kata Ketua IGPA Yogyakarta Akhmad Taufik Sholeh di sela Jogja Guppy Contest 2018.

Ia mengatakan Jogja Guppy Caontes 2018  tersebut didasari semangat persatuan sehingga seluruh komunitas 'breeder' atau pengrajin guppy di Indonesia hadir di JEC.

"Semangat itu sejalan dengan misi IGPA Yogyakarta yang bertujuan mengenalkan ikan guppy kepada masyarakat luas, sekaligus memajukan kapasitas dan kualitas ikan guppy yang dibudidayakan para pengrajin guppy," katanya.

Ketua Pelaksana Jogja Guppy Contest 2018 Danang Prima mengatakan kontes itu terbesar di Indonesia karena menyediakan kuota sebanyak 500 akuarium. Selama ini kontes ikan guppy di Indonesia hanya sampai pada 200-300 akuarium.

Menurut dia, ikan guppy awalnya tidak dilirik, hanya segelintir orang yang menyadari keindahannya. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak yang mengagumi keindahan ikan guppy.

"Sekarang saatnya mengenalkan keindahan ikan guppy kepada dunia luar melalui kontes yang tidak hanya berskala kecil. Kuota 500 akuarium memang pantas untuk ikan guppy, sebanding dengan nilai estetikanya," kata Danang.

Ia mengatakan Jogja Guppy Contest 2018 juga tidak hanya menjadi kontes ikan guppy terbesar, tetapi juga menjadi tempat bertemunya para "breeder" atau pengrajin guppy dari seluruh Indonesia.

"Peserta kontes tidak hanya dijamu dengan kemeriahan kontes ikan guppy, tetapi juga 'talk show' bersama Agung Saputra dan Adi Subagyo dari JNE, lelang ikan guppy, dan pembagian hadiah," katanya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan naskah kerja sama antara IGPA Yogyakarta dengan JNE Yogyakarta dalam pelayanan pengiriman paket kepada anggota IGPA Yogyakarta.

Kerja sama itu bertujuan mengurangi persoalan teknis anggota IGPA Yogyakarta terkait pengiriman ikan guppy yang disesuaikan dengan standar pengiriman logistik.

"Jogja Guppy Contest 2018 mendorong optimisme IGPA Yogyakarta untuk mengagendakan kontes guppy bertajuk International Guppy Contest pada November 2018 dengan total hadiah sebesar 2.500 dolar AS," katanya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024