60 komunitas guppy berbagai negara ramaikan "Guppy International Festival 2018"

id guppy

60 komunitas guppy berbagai negara ramaikan "Guppy International Festival 2018"

Petugas menunjukan ikan guppy. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/18.

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 60 komunitas ikan guppy dari berbagai negara meramaikan ajang Guppy International Festival (GIF) 2018 yang digelar di Plasa Ngasem Yogyakarta, Sabtu.
     
"Sebanyak 60 komunitas itu terdiri atas 50 komunitas ikan guppy dari Indonesia dan 10 komunitas dari Taiwan, China, Filipina, Malaysia, dan Singapura," kata Chief of GIF 2018 Singgih Setiarso pada pembukaan festival tersebut yang diselenggarakan Indonesian Guppy Popularized Association (IGPA) Yogyakarta.
     
Menurut dia, ajang GIF 2018 yang berlangsung hingga Minggu (4/11) itu diharapkan mampu menjadi salah satu langkah besar dalam memperkenalkan kualitas ikan guppy produksi Indonesia di kancah internasional.
     
"Dengan menghadirkan ikan guppy terbaik dari seluruh dunia, GIF 2018 diharapkan mampu menstimulasi kembali kualitas ikan guppy dari Indonesia, sehingga nama Indonesia semakin dikenal di dunia internasional," katanya.
     
Ia mengatakan di GIF 2018 ada beberapa agenda dan kegiatan di antaranya kontes ikan guppy yang dibagi menjadi 18 kelas kompetisi. Ke-18 kelas kompetisi itu dibagi dalam kelas pasangan, kelas pejantan, dan kelas "breeder" yang memperebutkan total hadiah sebesar 2.500 dolar AS.
     
Selain itu ada agenda "buyers and breeder meeting" yang mempertemukan pembeli dan peternak ikan guppy nasional dan internasional.
   
 "Agenda 'buyers and breeder meeting' dihadiri oleh 'breeder' dari 18 komunitas terbesar di Indonesia serta 'buyers' atau pembeli nasional dan internasional," kata Singgih.
     
Dewan Pembina IGPA Yogyakarta Danang Prima mengatakan GIF 2018 diharapkan tidak hanya menjadi ajang menyaksikan ikan guppy terbaik dari beberapa negara, tetapi juga menjadi ajang pembuktian kualitas ikan guppy produksi nasional.
    
"Ajang GIF 2018 menjadi titik tolak IGPA Yogyakarta sebagai bagian dari komunitas ikan guppy nasional bahwa produksi Indonesia mampu diterima dengan baik oleh pembeli internasional," kata Danang.  
   
 Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi usai membuka GIF 2018 mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengapresiasi langkah IGPA Yogyakarta yang menyelenggarakan festival ikan guppy berskala internasional.
     
"Langkah itu patut ditiru dalam rangka mengenalkan Indonesia dan Yogyakarta serta potensi yang dimiliki di kancah internasional. Kami berharap langkah IGPA Yogyakarta itu dapat menginspirasi seluruh lapisan masyarakat," kata Heroe.*
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024