Pertamina MOR IV raih penghargaan MURI

id Muri,Pertamina

Pertamina MOR IV raih penghargaan MURI

Executive Manager Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) Sri Widayati menyerahkan piagam penghargaan kepada General Manager Pertamina MOR IV, Yanuar Budi Hartanto di Yogyakarta, Jumat. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Area Jateng dan DIY meraih tiga rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas inovasinya dalam memberikan layanan kesehatan bagi pekerja di lingkungan Pertamina MOR IV.
     
Piagam penghargaan Rekor MURI tersebut diberikan bersamaan dengan kegiatan "Healthy Talk" yang diselenggarakan oleh Fungsi Medical Pertamina MOR IV di Kantor Cabang Yogyakarta, Jumat. 
       
"Harapan kami apa yang telah dipelopori PT Pertamina MOR IV ini dapat diikuti oleh perusahaan lain di Indonesia," kata Executive Manager Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) Sri Widayati sebelum menyerahkan piagam penghargaan kepada General Manager Pertamina MOR IV, Yanuar Budi Hartanto.
         
Menurut dia, inovasi Pertamina MOR IV yang tercatat meraih rekor MURI adalah pembuatan aplikasi "My Doctor Pertamina" dan aplikasi "Fit To Work Online" sebagai invoasi pelayanan digital untuk pemeriksaan kesehatan bagi pekerja. "Aplikasi ini menjadi yang pertama sekaligus pelopor dari digitalisasi layanan kesehatan tenaga kerja di Indonesia," kata dia.
       
Selanjutnya, penghargaan MURI juga dianugerahkan kepada Pertamina MOR IV sebagai pemrakarsa dan penyelenggara pemeriksaan narkoba melalui urine pekerja terbanyak. Pada Agustus 2018 Pertamina MOR IV berhasil melaksanakan pemeriksaan kepada 1.365 orang awak mobil tangki Pertamina di 5 TBBM di wilayah MOR IV dan merupakan hasil kerjasama Pertamina dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). 
       
General Manager Pertamina MOR IV, Yanuar Budi Hartanto menjelaskan bahwa tantangan perusahaan besar adalah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin pekerja secara berkala. 
     
"Dinamika dan kesibukan pekerja terutama yang di lapangan, membuat mereka sulit meluangkan waktu untuk bertemu dokter di poliklink. Oleh sebab itu penyediaan aplikasi My Doctor Pertamina dan Fit To Work Online ini menjadi inovasi kami bagi pekerja," kata dia.
     
Ia menjelaskan aplikasi "My Doctor Pertamina" ini merupakan mobile application berbasis android pertama yang hadir di Indonesia dan merupakan fasilitas untuk mendekatkan layanan kesehatan kapada seluruh pekerja Pertamina khususnya MOR IV.
     
Fitur utama aplikasi ini adalah online consultation dengan dokter perusahaan dan emergency service. Selain itu terdapat pula beberapa fitur tambahan seperti informasi kesehatan, kalkulator untuk meprediksi kemungkinan penyakit kardiovaskuler, kalkulator BMI dan kalkulator diet harian, serta fitur relaksasi yang berisi humor-humor ringan untuk melepas stress.
     
Tak hanya itu, Pertamina juga menyediakan aplikasi berbasis web yaitu aplikasi "Fit To Work Online" yang diciptakan untuk memudahkan pekerja mengetahui status kebugarannya, sebelum ia melakukan pekerjaannya dihari tersebut.
   
Section Head Medical Pertamina MOR IV Sari Kusumaninggar  mengatakan bahwa penghargaan MURI menjadi tolak ukur keberhasilan Tim Medical Pertamina untuk berinovasi dalam peningkatan layanan kepada pekerjanya. 
     
"Kami menyadari bahwa Pekerja kami adalah salah satu stakeholder perusahaan dan kesehatan pekerja menjadi perhatian utama Pertamina agar pekerja tetap fit dan prima dalam bekerja," kata dia.