BNPT-TNI resmikan kerja sama penanggulangan terorisme

id suhardi alius

BNPT-TNI resmikan kerja sama penanggulangan terorisme

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius. (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan TNI meresmikan kerja sama penanggulangan terorisme melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman.

Penandatangan MoU tersebut dilakukan Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Ruang Hening, Gedung Soedirman, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin.

"Dengan penandatanganan MoU ini diharapkan kita semakin kuat dan semakin tangguh dalam mengatasi  terorisme," kata Suhardi sebagaimana dikutip dalam siaran persnya.

Ia mengatakan ruang lingkup MoU ini meliputi pertukaran data dan atau informasi, kontraradikalisasi dan deradikalisasi, peningkatan kompetensi dan pemanfaatan sumber daya manusia, pemanfaatan sarana dan prasarana, serta kegiatan lain yang disepakati para pihak sesuai peraturan perundang-undangan.

Mantan Kabareskrim Polri ini menjelaskan, penandatanganan MoU dengan TNI ini sebenarnya bersifat formalitas karena selama ini BNPT sudah bekerja sama dengan TNI dalam rangka penanggulangan terorisme dan sudah banyak bantuan dari TNI khususnya di bidang pencegahan.

Sementara itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berharap agar pengalaman yang didapatkan BNPT menjadi bagian terpenting untuk bisa ditularkan kepada TNI. 
    
Apalagi saat ini TNI sedang membentuk tim untuk mendukung pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya serangan terorisme baik global, regional, maupun nasional.

"Sehingga yang kita kembangkan utamanya adalah surveiliance dan deteksi dini. Sedangkan untuk penindakan itu nanti setelah infrastruktur, survelience, deteksi dini bisa terbentuk," katanya.

Ia yakin dengan bantuan dari BNPT maka niat untuk memiliki organisasi pencegahan terorisme di TNI akan bisa berjalan dengan baik," kata Hadi.

Dalam kesempatan itu Kepala BNPT juga mendapat penganugerahan tanda kehormatan Bintang Dharma dari TNI yang disematkan langsung Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar