50 Palang Merah Remaja di Sleman dikukuhkan

id Pengukuhan PMR Sleman

50 Palang Merah Remaja di Sleman dikukuhkan

Ketua PMI Kabupaten Sleman Suhartono mengukuhkan 50 PMR mulai tingkat SD hingga SMA yang ada di Sleman. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Sebanyak 50 unit Palang Merah Remaja (PMR) di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dikukuhkan oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman, Sunartono Bersama dengan Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu.

Pengukuhan tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman Bersama dengan PMI Kabupaten Sleman untuk merealisasikan program PMI Pusat yaitu memasayarakatkan operasional Palang Merah hingga ke tingkat dasar.

"Merupakan agenda dari Kabupaten Sleman bersama PMI di dalam membumikan program dari PMI Pusat yaitu memasyarakatkan operasional palang merah sampai ke tingkat dasar," kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman Sunartono.

Sunartono menjelaskan bahwa saat ini PMI Kabupaten Sleman fokus untuk mengukuhkan PMR yang sudah terorganisir seperti 50 unit yang saat ini dikukuhkan terdiri dari terdiri dari 17 unit Sekolah Dasar (PMR mula), 17 unit SMP (PMR Madya), dan 17 unit SLTA atau SMK (PMR wira) dengan jumlah anggota keseluruhan 1.530 anggota.

"Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin dari masing-masing sekolah. Ini menjadi program rutin sehingga dengan demikan kegiatan ini tidak hanya seremonial tapi juga bisa di realisasikan," katanya.

Wakil Bupati Sleman Sr Muslimatun dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada unit PMR yang hari ini dikukuhkan menjadi unit PMR tingkat Mula, Madya dan Wira.

"Dengan dikukuhkannya unit PMR ini saya harapkan dapat menjadi wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMR. Giat PMI yang dilakukan sejak dini akan menumbuhkan kepedulian dan mengembangkan karakter kepalangmerahan agar siap menjadi relawan PMI di masa mendatang," katanya.

Sri Muslimatun menyampaikan bahwa keberadaaan unit PMR di sekolah mulai dari tingkat dasar hingga SMA dapat memudahkan sosialisasi berbagai program kesehatan yang tengah dilakukan Pemkab Sleman atau PMI Sleman.

"Oleh karena itu saya mengimbau kepada para guru, pendidik dan pihak sekolah untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan kegiatan PMR di lingkungannya masing-masing," katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024