Ratusan pelajar Sleman mengikuti lomba menulis esai tingkat SMP/MTs

id Sleman,Lomba menulis esai,Dinas perpustakaan sleman

Wakil Bupati Sleman, Yogyakarta, Sri Muslimatun (kanan berkerudung) dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ayu Laksmidewi saat meninjau lomba menulis esai tingkat SMP/ MTs di SMP Negeri 4 Pakem. (FOTO ANTARA/ Istimewa)

Sleman (ANTARA) - Sebanyak 300 siswa di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti lomba menulis esai tingkat SMP/MTs yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman yang dipusatkan di SMP Negeri 4 Pakem, Rabu.

"Lomba menulis esai ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menumbuhkan minat dan budaya baca anak," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ayu Laksmi Dewi Tri Astika di sela lomba.

Menurut dia, kegiatan yang mengusung tema "Literacy for Smart Regency" ini diikuti sebanyak 300 peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP/Mts di wilayah Kabupaten Sleman.

"Kegiatan ini sebetulnya kegiatan yang rutin diselenggarakan dengan maksud untuk mendorong anak menambah, memperluas wawasan dan pengetahuan melalui bacaan atau koleksi perpustakaan," katanya.

Ia mengatakan, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak dengan mengungkapkan gagasan secara tertulis serta, menumbuhkan minat dan budaya baca anak.

"Lomba menulis dipilih karena memang merupakan rangkaian dari kegiatan awal literasi. Literasi diawali dengan membaca kemudian dari apa yang mereka baca, apa yang mereka alami, kita dorong untuk menulis. Pada dasarnya semua anak itu memiliki potensi untuk menulis. Dan menulis merupakan kegiatan yang sangat positif," katanya.

Ayu menjelaskan terkait SMPN 4 Pakem yang menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan tersebut dikarenakan SMPN 4 Pakem merupakan salah satu sekolah di Sleman yang memiliki kegiatan literasi yang memadai dan baik.

Kegiatan lomba menulis esai tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun.

Sri Muslimatun menyampaikan ucapan terimakasihnya atas partisipasi warga masyarakat, khususnya para peserta.

"Menulis sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi karena membiasakan diri untuk menuliskan apa yang diketahui dari membaca, merasakan dari pengalaman yang dilihat sehari-hari dan menuangkan dalam bahasa yang terstruktur akan melatih anak-anak untuk berpikir dan bertindak secara runtut dan konseptual," katanya.

Sri Muslimatun juga mengimbau kepada semua pihak untuk memberikan dukungan dalam menigkatkan minat menulis dan membaca masyarakat termasuk anak-anak dan remaja secara terus menerus melalui pemanfaatan perpustakaan dimanapun berada.

"Semakin tinggi budaya literasi masyarakat, semakin tinggi pula kepeduliannya terhadap pembangunan," katanya.

Menurut dia, kegiatan lomba menulis esai ini juga dapat menggaungkan visi dan misi Kabupaten Sleman untuk mewujudkan Smart Regency yaitu meurpakan konsep Kabupaten cerdas dalam pengembangan dan pengelolaan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga: Perpustakaan Kota Yogyakarta siapkan kegiatan isi siswa libur sekolah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar