Pemkab Sleman menggelar program yoga untuk gencarkan gaya hidup sehat

id Yoga,Sleman

Pemkab Sleman menggelar program yoga untuk gencarkan gaya hidup sehat

Ratusan ASN mengikuti kegiatan yoga bersama di Lapangan Pemda Sleman, Jumat (5/7). (ANTARA/Istimewa)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam upaya menggencarkan gaya hidup dan bahagia menyelenggarakan program yoga bersama bekerja sama dengan Anand Krishna Center Joglosemar di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman, Jumat.

Kegiatan yoga bersama itu setidaknya diikuti 500 peserta yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, masyarakat umum, dan turut hadir pula Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun.

Sri Muslimatun mengatakan dengan melakukan yoga secara teratur, tubuh akan memperoleh kondisi yang sehat serta pikiran dan perasaan yang tenang.

"Tidak mengherankan apabila yoga akhir-akhir ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati masyarakat. Jika sebelumnya yoga sering dikenal olahraga meditasi, kini yoga juga dipercaya dapat membakar kalori," katanya.

Menurut dia, saat ini kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui aktivitas berolahraga semakin meningkat.

Hal tesebut dapat terlihat dari semakin banyaknya masyarakat yang aktif berolahraga, terlebih saat hari libur dan akhir pekan.

"Bangkitnya kesadaran masyarakat berolahraga, salah satunya dikarenakan pada saat ini telah terjadi perubahan pola penyakit yang menyerang masyarakat kita. Jika dulunya yang banyak menyerang masyarakat adalah penyakit infeksi yang pengobatannya dengan jangka pendek, kini berubah menjadi penyakit degeneratif yang pengobatannya membutuhkan jangka waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit," katanya.

Ia mengatakan perubahan tersebut terjadi akibat pola hidup masyarakat yang kurang sehat, seperti mengonsumsi makanan yang kurang sehat, mengandung kolestrol ataupun lemak yang tinggi.

"Karena itu melalui kegiatan yoga ini kita ajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat," katanya.

Pengawas Anand Krishna Center Joglosemar Wayan Suriastini mengatakan dalam yoga bersama itu, dilakukan Yoga Ananda, atau Ananda’s Integral Medititive (AIM) Yoga yang diracik oleh Anand Krishna.

"Yoga dengan afirmasi ini akan mentransformasikan fisik, perasaan, pikiran dan membangunkan semangat yoga sejati dalam diri untuk hidup berdasarkan prinsip yoga," katanya.
      Baca juga: Festival Yoga diharapkan jadi daya tarik wisman ke Candi Prambanan
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024