Sleman menggelar lomba lukis Wisata Minapadi Samberembe

id Wisata minapadi,Samberembe,Lomba lukis sd,Wabup Sleman,DP3 Sleman

Sleman menggelar lomba lukis Wisata Minapadi Samberembe

Sebanyak 170 siswa SD se Kabupaten Sleman mengikuti lomba lukis wisata minapadi Samberembe di Pakem, Sleman. (Foto istimewa)

Sleman (ANTARA) - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar lomba lukis anak tingkat Sekolah Dasar se Kabupaten Sleman di Kampung Wisata Minapadi Samberembe, Candibinangun, Pakem, Rabu.

Kepala DP3 Kabupaten Sleman, Heru Saptono mengatakan bahwa lomba yang diikuti 170 anak dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman ini bertema "Wisata Minapadi Samberembe".

"Lomba ini diselenggarakan untuk meningkatkan kecintaan anak pada ikan sejak usia dini," katanya.

Menurut dia, dalam lomba ini peserta dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori A para  siswa SD kelas 1 sampai 3 dan kategori B siswa kelas 4 hingga 6.

"Di setiap kategori dalam lomba lukis ini memperebutkan trophy Bupati Sleman, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dan trophy dari DP3 Kabupaten Sleman dengan hadiah juara I-III yaitu sepeda dan juara harapan I dan II meja belajar," katanya.

Wakil Bupati Sleman yang hadir membuka lomba tersebut mengatakan bahwa lomba ini digelar untuk menggali potensi anak melalui seni rupa, memupuk kreatifitas dan mengasah kepekaan emosi anak.

Selain itu juga mengenalkan ikan sejak usia dini serta pengenalan produk hasil perikanan Kampung Minapadi Samberembe pada masyarakat.

"Diharapkan dengan lomba ini dapat meningkatkan kecintaan anak pada ikan sehingga diharapkan pula dengan kecintaan tersebut akan meningkatkan kegemaran mengkonsumsi ikan guna mencukupi asupan protein untuk pertumbuhan mereka," katanya.

Ia mengatakan, dalam tiga tahun terakhir konsumsi makan ikan di Kabupaten Sleman terus mengalami kenaikan. Pada 2018 konsumsi ikan mencapai 59 ton meningkat 10 ton dibanding pada 2017.

"Ini merupakan kabar gembira mengingat optimalisasi tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi asupan makanan yang dikonsumsi," katanya.

Wabup juga menyebutkan bahwa ketersediaan ikan konsumsi perkapita/tahun di Kabupaten Sleman juga mengalami peningkatan. Pada 2017 ketersediaan ikan konsumsi perkapita per tahun sebesar 25,81 perkapita dan pada 2019 meningkat menjadi 27,52.

"Diharapkan dengan peningkatan angka konsumsi ikan tersebut dapat menggerakan petani Sleman untuk mulai menerapkan metode minapadi," katanya.
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun bersama Kepala DP3 Sleman Heru Saptono memberikan semangat kepada peserta lomba lukis wisata minapadi Samberembe di Pakem, Sleman. (Foto istimewa)


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024