Wujudkan kampus inklusif, UGM akan bangun unit layanan disabilitas

id ugm,inklusif

Wujudkan kampus inklusif, UGM akan bangun unit layanan disabilitas

Muhmmad Fahmi Husaen (22), alumnus D3 Prodi Komputer dan Sistem Informasi Sekolah Vokasi UGM melalui jalur khusus disabilitas di Gedung Pusat UGM. (FOTO ANTARA/HO/UGM)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2020 akan mendirikan Unit Layanan Disabilitas yang berfokus pada layanan dan dukungan akses bagi mahasiswa penyandang disabilitas.

"Pembangunan unit layanan ini sejalan dengan misinya untuk menyediakan pendidikan yang inklusif bagi setiap kalangan," kata Direktur Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan selain melakukan pengembangan bangunan atau sarana fisik yang mudah diakses mahasiswa penyandang disabilitas, sebagai upaya menjadi kampus inklusif, UGM  menerapkan sistem pengajaran yang ramah disabilitas. 

Komitmen UGM menyediakan pendidikan inklusif bagi penyandang disabilitas ini juga dibuktikan dengan menerima mahasiswa dari kalangan disabilitas. 

"Saat ini terdapat 14 mahasiswa penyandang disabilitas yang tengah berjuang menyelesaikan studinya. Tidak sedikit juga  yang berhasil lulus dengan baik dan bahkan mencetak pretasi yang membanggakan hingga kancah internasional," kata dia.

Muhmmad Fahmi Husaen (22) merupakan salah satu mahasiswa penyandang disabilitas yang berhasil menyelesaikan kuliah dan menyumbang sederet pretasi bagi UGM. 

Meskipun memiliki keterbatasan fisik akibat mengidap Duchne Muscular Distropy (DMD) yang menjadikannya tak mampu lagi berjalan sejak kelas 4 SD, namun tidak menghalanginya untuk berprestasi. 

Sejumlah penghargaan berhasil diraih alumnus D3 Prodi Komputer dan Sistem Informasi Sekolah Vokasi ini dari berbagai ajang kompetisi mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

Beberapa prestasi yang sempat diperoleh Fahmi antara lain Special Mention Indonesia ICT Award 2013, Medali Perak OSN Karya Ilmiah Inklusi 2015, Finalis Toyota Eco Youth 2016, Top 5 Design Mucle Car Indonesia Electric Car Design Contest 2018, Nominasi Samsung Global Startup Acceleration Program 2018, Medali Emas Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 31 kategori Presentasi dan Poster 2018, dan Delegasi Sekolah Vokasi dalam The Internasional Seminar of Technology Sustainbility 2018.

Berikutnya, Medali Perak Seoul Internasional Invention Fair 2018, Special Award dari King Abdul Aziz University dalam Seoul Internasional Invention Fair 2018, dan Mahasiswa Berprestasi Favorit UGM 2019. Terakhir, menerima penghargaan Pemuda Difabel Berprestasi dalam Anugerah Kepemudaan 2019 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar