Bupati Sleman : Pelaksanaan UNBK memenuhi prosedur penanganan COVID-19

id Bupati Sleman,Unbk SMK,Covid-19,Kabupaten Sleman

Bupati Sleman : Pelaksanaan UNBK memenuhi prosedur penanganan COVID-19

Bupati Sleman Sri Purnomo memantau pelaksanaan UNBK SMK. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo, memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke SMKN 1 Depok dan SMK Penerbangan AAG Adisutjipto di Sleman, Kamis, untuk memastikan pelaksanaan ujian itu sesuai prosedur penanganan COVID-19.

Sri Purnomo mengapresiasi pihak sekolah yang telah mampu mengondisikan pelaksanaan ujian di tengah ancaman wabah virus corona atau COVID-19 yang tengah melanda berbagai negara.

"Dari sekolah yang dipantau seluruhnya telah melakukan prosedur pemeriksaan kesehatan siswa sesaat sebelum mengikuti ujian. Ada tiga kelas di SMKN 1 Depok dan enam kelas di SMK Penerbangan. Alhamdulillah semua dalam keadaan sehat," katanya.

Ia berharap UNBK untuk SMA yang akan dilaksanakan mulai 30 Maret 2020 sampai 2 April 2020 juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi siswa sebelum mengikuti ujian.

"Kami berharap pihak sekolah memeriksa kesehatan siswa serta melakukan langkah preventif, seperti pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun, penyemprotan disinfektan dan memakai cairan pembersih tangan sebagaimana protap WHO terkati penggulangan virus corona ini," katanya.

Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kabupaten Sleman Priya Santosa mengatakan bahwa pihak sekolah yang melaksanakan UNBK telah mengikuti protap dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) terkait penanganan COVID-19 tersebut.

Selain memeriksa suhu badan siswa, sarana prasarana ujian, seperti perangkat komputer, juga dibersihkan serta disemprot dengan disinfektan terlebih dahulu setiap sebelum dimulainya sesi ujian.

"Bagi siswa yang kesehatannya kurang baik akan ada ujian susulan pada 7 sampai 8 April," katanya.

Ia menambahkan ada 56 sekolah yang melaksanakan UNBK SMK di Kabupaten Sleman, dengan jumlah siswa sebanyak 7.195 orang.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024