Pemkab Bantul menggali potensi pertanian Nawungan untuk agrowisata

id Kunjungan Nawungan

Pemkab Bantul menggali potensi pertanian Nawungan untuk agrowisata

Tinjauan ke sentra bawang merah di Nawungan Desa Selopamioro Imogiri sebagai upaya pengembangan agrowisata (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sedang menggali potensi pertanian di sentra bawang merah Nawungan Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri untuk pengembangan agrowisata atau wisata di wilayah perbukitan tersebut.

"Kunjungan kerja Pjs Bupati didampingi kepala OPD (organisasi perangkat daerah) ke Nawungan untuk mendapatkan informasi apa yang telah dilakukan dan yang akan dilaksanakan ke depan, terkait keberadaan sentra bawang merah semi organik," kata Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Yus Warseno di Bantul, Selasa.

Sesuai rencana pembangunan pemerintah daerah dan keinginan para petani Nawungan Desa Selopamioro, bahwa kawasan perbukitan yang dikenal dengan sentra budidaya bawang merah 'Glowing' semi organik akan dijadikan kawasan agrowisata dengan mengoptimalkan potensi pertanian dan wisata alam.

Dia mengatakan, upaya pengembangan agrowisata di Nawungan akan dilakukan instansinya secara sinergi bersama Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Permukiman (DPUPK) dan lain-lain, mengingat perlunya membangun sarana infrastruktur akses jalan tani.

"Karena masyarakat petani secara swadaya telah membuat jalan usaha tani sepanjang kurang lebih tiga kilometer dan membutuhkan jembatan penghubung, maka akan diinisiasi pemda," katanya.

Dia mengatakan, selain jembatan penghubung, masyarakat petani juga butuh dukungan pengembangan peternakan untuk ketersediaan pupuk kandang, sarana dan prasarana pengolahan bawang merah baik untuk pascapanen dan pengolahannya, baik pelatihan dan pemasarannya.

"Untuk fasilitasi sudah diinisiasi dari pemerintah kabupaten, DIY dan pusat melalui Kementerian Pertanian," katanya.

Dia mengatakan, saat ini dukungan anggaran dari pemda DIY dalam proses pembangunan bangsal pasca panen, bantuan kendaraan roda tiga dan dari Badan Penelitian Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sedang proses pembuatan sumur dalam untuk pembukaan lahan baru seluas 25 hektare.

"Dan direncanakan Nawungan akan dijadikan Agrowisata yang terkoneksi dengan objek wisata terdekat di Kecamatan mogiri sebagai korporasi pertanian hulu hilir untuk bawang merah," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar