Hasil laga Grup B dan C membuat Swiss dinyatakan lolos ke-16 besar

id Piala Eropa 2020,Timnas Swiss,16 besar euro 2020

Hasil laga Grup B dan C membuat Swiss dinyatakan lolos ke-16 besar

Skuad timnas Swiss saat menjelang kickoff melawan Wales di Baku, Azerbaija, pada 12 Juni 2021. (REUTERS/Photo by JustPicturesPlus/Just Pictures/Sipa USA) (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Swiss lolos ke 16 besar Euro 2020 tanpa menyepak bola karena diuntungkan oleh hasil pertandingan di grup-grup lain, lapor Reuters, Selasa.

Mereka akan menghadapi Belgia yang menjuarai Grup B atau juara Grup E atau F, yang baru diputuskan Rabu nanti.

Skuad Swiss bakal melewatkan drama itu karena pesawat mereka mengalami masalah teknis dan tertunda keberangkatan kembali ke basis mereka di Italia sampai sekitar tiga jam.



Keputusan Swiss lolos ini terjadi sehari setelah mereka mengalahkan Tukri 3-1 di Baku dalam pertandingan terakhirnya di Grup A tetapi finis urutan ketiga di bawah Italia yang memenangkan semua dari tiga laga fase grupnya dan Wales yang sama-sama mengemas empat poin namun kalah selisih gol.

Agar bisa mengamankan spot babak gugur maka Swiss mesti menjadi salah satu dari empat tim berperingkat tiga terbaik sampai akhir fase grup Euro 2020, namun nasib mereka tak jelas setelah kemenangan Minggu itu.

Namun hasil akhir pertandingan Grup B dan C, menunjukkan tim-tim berperingkat ketiga di grup ini cuma mengumpulkan tiga poin sehingga memastikan Swiss tetap mengikuti turnamen ini.



Di Grup B, Finlandia finis urutan ketiga dengan mengumpulkan tiga poin, juga di Grup C di mana Ukraina juga finis urutan ketiga dengan tiga poin. Kedua tim kalah pada pertandingan terakhirnya. Mereka kini harus menunggu apakah mereka berlanjut dalam Euro 2020.

Swiss tadinya berencana mengikuti pertandingan-pertandingan yang dilangsungkan Senin tetapi masalah teknis membuat keberangkatan mereka dari Baku tertunda. Mereka baru kembali ke basisnya di Roma setelah semua pertandingan itu selesai.

Hasil pertandingan Senin menyimpulkan Inggris, Prancis, Swedia dan Republik Ceko lolos ke fase gugur apa pun hasil pertandingan yang mereka dapatkan pada Selasa dan Rabu nanti, demikian laporan Reuters.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024