Kemenhub menggelar vaksinasi massal di Solo dan Yogyakarta

id vaksinasi,harhubnas,Kemenhub

Kemenhub menggelar vaksinasi massal di Solo dan Yogyakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan) meninjau kegiatan pelaksanaan vaksinasi massal "Bakti Untuk Negeri" di Solo Raya dan Yogyakarta, Jumat (17/9/2021). ANTARA/HO-Kementerian Perhubungan

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama TNI, Polri, DPR, pemerintah daerah, BUMN, dan Keluarga Universitas Gajah Mada (Kagama) menggelar vaksinasi massal di Solo Raya dan Yogyakarta, Jumat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi "Bakti Untuk Negeri" di Solo Raya dengan jumlah dosis vaksin sekitar 25 ribu dan Yogyakarta sekitar 23 ribu vaksin atau total 48 ribu.

"Pada Hari Perhubungan Nasional ini, kita ingin berbuat sesuatu yang berarti bagi masyarakat. Untuk mengajak masyarakat terus bergerak mengharmonikan Indonesia, dengan mendukung program vaksinasi guna mencapai kekebalan komunal," kata Budi Karya dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menhub menjelaskan sebagaimana arahan Presiden bahwa setiap kementerian/lembaga agar mendukung program percepatan vaksinasi nasional.

"Presiden selalu bilang lakukan upaya vaksinasi secepat mungkin dengan segala upaya," ujarnya.

Untuk Solo Raya, vaksinasi digelar di delapan titik yakni Kota Surakarta (2.431 dosis), Kabupaten Sukoharjo (1.716 dosis), Kabupaten Klaten (4.862 dosis), Kabupaten Sragen (3.575 dosis), Kabupaten Wonogiri (4.862 dosis), Kabupaten Karanganyar (3.003 dosis), Kabupaten Boyolali (3.575 dosis), dan 900 dosis di Terminal Tirtonadi.

Sementara, di Yogyakarta terdapat total 23.825 dosis yang berlangsung di sejumlah titik, yaitu Grha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada/UGM (2.000 dosis), Kabupaten Sleman (7.300 dosis), Kabupaten Kulon Progo (4.200 dosis), dan Kabupaten Bantul (5.325 dosis).

Penerima vaksin berasal dari pelajar/mahasiswa, pekerja sektor transportasi, pedagang, lansia, penyandang disabilitas, dan masyarakat umum.

Menhub menyebutkan pelaksanaan vaksin di Solo Raya dan Yogya ini merupakan wujud komitmen Kemenhub untuk mendukung percepatan penanganan COVID-19.

Ia juga berharap seluruh stakeholder serta masyarakat bahu membahu mempercepat penanganan COVID-19 melalui vaksinasi ini.

"Tidak mungkin kita sendiri, tidak mungkin pemda sendiri. Saya yakin kalau kita solid, lebih ada kebersamaan. Terakhir, saya mengucapkan terima kasih, kepada para tenaga kesehatan, Polri, TNI, dan pemda yang begitu bersemangat mendukung program vaksinasi ini meski hari libur," ujarnya.

Hingga hari ini, kegiatan vaksinasi massal hasil dari dukungan Kemenhub bersama pemangku kepentingan, telah dilakukan vaksinasi sebanyak 443 ribu dosis vaksin.

Selain meninjau langsung berjalannya vaksinasi, pada kesempatan ini Menhub juga memberikan bantuan sosial secara simbolis dari Kementerian Perhubungan kepada tenaga kesehatan serta masyarakat terdampak pandemi berupa paket sembako dan parsel buah Nusantara.

Turut hadir dalam kegiatan vaksinasi di Solo Raya dan Yogyakarta antara lain Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Rektor Universitas Gajah Mada Panut Mulyono, Anggota Komisi III DPR RI Idham Samawi, Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, dan Danrem Warastratama Kolonel Inf Rudy Saladin.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024