Bupati Kulon Progo mendorong penyelesaian perbaikan irigasi Kalibawang

id Irigasi Kalibawang,Bupati Kulon Progo

Bupati Kulon Progo mendorong penyelesaian perbaikan irigasi Kalibawang

Komisi III DPRD Kulon Progo meninjau saluran induk irigasi Kalibawang yang ambles. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Bupati Kulon Progo Sutedjo mendorong Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak segera menyelesaikan proses perbaikan saluran saluran induk irigasi Kalibawang yang ambles beberapa waktu lalu, sehingga tidak mengganggu pola tanam di wilayah ini.

"Kami berterima kasih dan mendorong Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) untuk secepatnya menyelesaikan proses perbaikan saluran induk irigasi Kalibawang, sehingga air bisa segera mengalir kembali," kata Bupati Sutedjo di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa.

Ia juga salut BBWSSO yang sangat cepat merespon laporan dari Kulon Progo atas jebolnya saluran induk irigasi Kalibawang. Kejadian jebolnya saluran, hanya sekitar lima jam kemudian alat berat sudah tiba di lokasi langsung bekerja.

"Sejak kejadian itu, kami secara pribadi sudah meninjau kesana tiga kali. Mohon doanya, semoga dalam sepekan ke depan air sudah bisa dialirkan kembali," katanya.

Bupati Sutedjo juga memastikan ambles dan jebolnya saluran induk irigasi Kalibawang belum berdampak pada pola tanam di wilayah ini yang memasuki masa tanam pertama, seperti di Kalibawang dan Nanggulan.

"Hamparan belum tanam air sudah mengalir. Saat ini baru mulai garap atau mengolah lahan, ada juga yang sudah menyemai benih. Jadi, umumnya baru persiapan akan tanam," katanya.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kulon Progo Yuliyantoro mengatakan saat ini, tanaman bawang merah di Bulak Srikayangan seluas 300 hektare berpotensi kekeringan bila dalam dua minggu tidak mendapat suplai air dari saluran irigasi Kalibawang.

Saat ini, petani bawang merah di Sentolo bertaruh dengan modal yang telah dikeluarkan. Tanaman bawang merah seluas 300 hektare ini membutuhkan modal Rp30 miliar atau Rp10 juta per 1.000 meter.

"Kami berharap saluran induk irigasi Kalibawang segera selesai diperbaiki, sehingga petani bawang merah tidak merugi," katanya.

 

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021