Pimpinan DPRD Kulon Progo anjangsana ke Majelis GKJ Nanggulan cabang Kalibawang

id anjangsana,DPRD Kulon Progo,Kulon Progo

Pimpinan DPRD Kulon Progo anjangsana ke Majelis GKJ Nanggulan cabang Kalibawang

Pimpinan DPRD Kulon Progo anjangsana ke Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang pada Rabu (12/1). (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan anjangsana ke Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang untuk mengharapkan dukungan dan doa supaya anggota dewan dapat mengemban amanat masyarakat dan mendukung program pembangunan yang semakin dinamis.

Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati di Kulon Progo, Rabu, mengatakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-69 DPRD Kulon Progo mengambil tema "Dari DPRD Untuk Semua" diwujudkan dalam anjangsana kepada tokoh-tokoh agama hingga pondok pesantren dalam rangka silaturahim dan memohon dukungan supaya anggota DPRD Kulon Progo dapat menjalankan tugas dengan amanah.

"Kami menyadari rumah ibadah Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang yang berdiri sejak 1967 sangat berjasa kepada masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat Kalibawang. Rumah ibadah ini digunakan untuk ibadah, sekaligus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan pada waktu itu. Hal ini sangat luar biasa," kata Akhid.

Ia juga mengatakan anjangsana ini juga dalam rangka mempererat tali persaudaraan. Kondusifnya Kabupaten Kulon Progo, juga tidak terlepas dari peran tokoh agama dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama, dan menyelesaikan persoalan agama dengan kekeluargaan dan duduk bersama, tanpa mengedepankan kekerasan.

"Sebagai wujud apresiasi yang sudah berjalan selama ini, sehingga perlu dilestarikan. Dengan tumbuhnya tempat ibadah dimanapun berada sesuai keyakinan masing-masing menunjukan Kulon Progo memang sejahtera dan kondusifitas warga baik. Kami sebagai anggota DPRD hanya bisa melakukan silaturahim," katanya.

Lebih lanjut, Akhid mengatakan pada semester kedua 2022 nanti, DPRD Kulon Progo akan mengusulkan Reperda Inisiatif tentang Kerukunan Antar Umat Beragama, agar kerukunan antar umat beragaam semakin sinergis.

"Hal yang terpenting, silaturahim ini, kami memohon dukungan kepada pengurus Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang mendoakan kami supaya dapat mengemban tugas melaksanakan pembangunan di Kulon Progo yang semakin dinamis, dengan adanya Bandara Internasional Yogyakarta ini. Mari kita jaga bersama-sama kerukunan antar umat beragama," harapnya.

Anggota DPRD Kulon Progo yang hadir dalam anjangsana ke Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang, yakni Lajiyo Yok Mulyono sebagai Wakil Ketua II DPRD Kulon Progo, Istana dan Dwi Nugraha sebagai anggota Fraksi PDI Perjuangan.

Sementara itu, Ketua Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang Sumadi mengatakan jumlah jemaat Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang sebanyak 20 orang, namun yang aktif sembahyang hanya 15 orang, sedangkan lima orang lainnya sudah lansia sehingga tidak bisa ibadah di rumah ibadah.

"Atas kunjungan pimpinan DPRD Kulon Progo dan anggota ke Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang, kami ucapkan terima kasih. Apa yang dilakukan pimpinan dewan dan anggota bisa menjadi aspirasi kami jemaat Majelis Gereja Kristen Jawa Nanggulan cabang Kalibawang," katanya.

Selain itu, Anggota DPRD Kulon Progo dari Daerah Pemilihan III meliputi Girimulyo, Kalibawang dan Samigaluh melakukan anjangsana ke Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Sudjari di Kecamatan Girimulyo. Anggota DPRD Kulon Progo yang hadir, yakni Istana, Maryono, Keksi Wuryaningsih, Sarkawi.  
 
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2022