Masyarakat Gunung Kidul diingatkan persatuan-kesatuan dalam pelaksanaan pilkades

id Pilkades Serentak 2021,persatuan dan persatuan,Gunung Kidul

Masyarakat Gunung Kidul diingatkan persatuan-kesatuan dalam pelaksanaan pilkades

Bupati Gunung Kidul Sunaryanto. (ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di 58 desa pada Sabtu (30/10) meski calon yang dipilih berbeda.

"Boleh mendukung salah satu calon kepala desa, tapi harus dengan sikap dewasa dan tidak perlu menunjukkan dukungan fanatik yang berlebihan, dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan warga,” kata Sunaryanta di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, dukungan yang terlalu fanatik malah tidak akan baik karena berpotensi memecah persatuan dan kesatuan antarwarga. Oleh karenanya, sikap kedewasaan sangat dibutuhkan agar kondisi yang baik tetap terjaga dengan baik.

"Mari jaga persatuan dan kesatuan karena pilihan kepala desa untuk membawa desa yang lebih baik. Jadi, masyarakat jangan sampai terprovokasi dan harus bersikap dewasa untuk menghargai adanya perbedaan pilihan,” katanya.

Sunaryanta juga mempersilakan kepada calon kepala desa untuk mengenalkan visi misi yang dimiliki. Dia berpesan agar menggunakan cara-cara yang terhormat dan baik sehingga mudah diterima oleh masyarakat. Pelaksanaan pemilihan kepala desa bukan semata-mata mencari pemimpin di desa, namun pemilihan ini juga sebagai bentuk edukasi ke masyarakat tentang demokrasi.

"Silakan berkompetisi dengan baik dan saya pastikan netral di penyelenggaraan pilihan kepala desa. Kami berharap calon kepala desa tidak hanya mementingkan ambisi pribadi untuk menjadi kepala desa, tapi harus ikut berperan dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat," katanya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunung Kidul Kriswantoro mengatakan total ada 170 calon kepala desa yang akan bertarung dalam Pilkades Serentak 2021 di 58 desa

Pilkades serentak di 58 desa udah memasuki masa kampanye. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai Minggu (24/10) hingga Selasa (26/10). Di masa kampanye, suasana pemilihan mulai terlihat meriah karena berbagai gambar calon dipasang di lokasi strategis sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat.

"Silakan masyarakat memilih calon kepala desa sesuai dengan harapan," katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021