Koperasi dan UMKM Expo 2021 di Sleman mencatat transaksi Rp124 juta

id Dinkop UKM Sleman ,Koperasi dan UMKM ,Kabupaten Sleman ,Koperasi UMKM expo ,Sleman

Koperasi dan UMKM Expo 2021 di Sleman mencatat transaksi Rp124 juta

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menutup "Koperasi dan UMKM Expo 2021" yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kabipaten Sleman 28-31 Oktober 2021. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat selama empat hari penyelenggaraan "Koperasi dan UMKM Expo 2021" dari 28 - 31 Oktober terdapat transaksi sebesar Rp124,4 juta

"Nilai transaksi tersebut baik transaksi 'on the spot', online maupun pre-order bagi produk kerajinan, fesyen, kuliner flora dan aneka jasa," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkop UKM Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih di Sleman, Senin.

Penyelenggaraan Koperasi dan UMKM Expo tahun 2021 secara resmi ditutup pada Minggu (3/10) malam.

Penutupan salah satu rangkaian Peringatan Hari Koperasi ke 74 Pemerintah Kabupaten Sleman ini ditandai dengan pengumuman berbagai kejuaraan kegiatan pendukung dalam Koperasi dan UMKM Expo 2021 yang berlangsung di Hartono Mall Yogyakarta.

"Penutupan kegiatan Koperasi dan UMKM Expo tahun 2021 dilakukan bagi penyelenggaraan offline. Sementara Koperasi dan UMKM Expo yang dilaksanakan secara online akan berlangsung sampai dengan akhir Desember 2021," katanya.

Dalam ajang Koperasi dan UMKM Expo juga diadakan Pemilihan Duta Koperasi Kabupaten Sleman Tahun 2021.

"Dari 25 peserta terpilih Duta Koperasi Sleman Juara 1 Fitri Nur Anissa dari Koperasi Persahundo, Juara 2 Imam Ganendra (Koperasi Persahindo), Juara 3 Afriya Fatmaloya (Kopma UNY), Juara Harapan 1 Asep Mahendra (Kopma UGM), Juara Harapan 2 Salsabila Amiyard Siwi (Kopma UGM)," katanya.

Ia mengatakan, selain itu dipilih juga untuk kategori Atribut yaitu Duta Koperasi Berbakat Alif Ardiansah Rusmana (Kopma UGM), Duta Koperasi Favorit Salsabila Amalia Haque (Kopma UPN).

Lomba kuis juga laksanakan yang diikuti 29 peserta dari OPD di lingkungan Pemkab Sleman dan gerakan koperasi, dengan hasil Rangking 1 Feri Istanto (Dinas Sosial) Rangking 2 Amien Makmuri (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Rangking 3 Yusak Hendrawan (Dinas Kominfo).

Pemenang yel-yel Koperasi Sasuka Online Indonesia. Untuk lomba Tari Modern Nusantara, yang diikuti 16 peserta kelompok pelajar dan/atau mahasiswa, Juara 1 Kanca Kentel (Sanggar Langes Production) Juara 2 Kahiyang (Sanggar Kenyo Cengkir) Juara 3 Blue Phoenix (Kelompok Pelajar).

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, menyampaikan apresiasinya bagi penyelenggaraan Koperasi dan UMKM Expo tahun 2021 yang dapat diikuti oleh 19 koperasi, 57 UMKM dan tiga BUMD.

"Pelaksanaan pameran ini merupakan pencapaian yang harus diapresiasi dan sebagai bukti yang mengindikasikan bahwa kita sehat, produktif dan ekonomi kita mulai kembali bangkit kembali," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan kegiatan Koperasi dan UMKM Expo dapat meningkatkan dinamika pengembangan perkoperasian dan UMKM khususnya di wilayah Kabupaten Sleman.

"Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari strategi promosi untuk memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi dan UMKM yang ada di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan kegiatan Koperasi dan UMKM Expo ini merupakan upaya Pemkab Sleman untuk menciptakan dan memperkuat sinergi diantara semua pemangku kepentingan yang terlibat.

"Dengan adanya sinergi yang kuat yang didukung dengan konsep produksi dan pemasaran yang saling terintegrasi diantara pelaku koperasi dan UMKM maka akan mendorong terciptanya berdaya saing yang kuat." katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022