Dokter: Kombinasi madu dan habbatussauda tingkatkan daya tahan tubuh

id madu,habbatussauda

Dokter: Kombinasi madu dan habbatussauda tingkatkan daya tahan tubuh

Kandungan madu dan habbatussauda dalam Kojima (ANTARA/HO-Deltomed)

Yogyakarta (ANTARA) - Kombinasi madu dan habbatussauda berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, serta baik untuk dijadikan terapi tambahan khususnya pada musim liburan akhir tahun, kata Tim Edukasi Media Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Afifah K Vardhani.

"Kombinasi habbatussauda dan madu juga efektif mempercepat pemulihan pasien COVID-19 serta peningkatan daya tahan tubuh pada pasien COVID-19. Kebaikan madu dan habbatussauda dapat diperoleh secara praktis dalam Kojima," kata Afifah dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat.

Ia menjelaskan habbatussauda atau Nigella sativa merupakan salah satu jenis tanaman subtropis dari Timur Tengah. Sejak lama, biji tanaman ini telah dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk berbagai macam jenis penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Habbatussauda memiliki berbagai kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, B1, B6, C, dan E. Herbal ini termasuk dalam kelompok imunostimulan fitogenik dengan kandungan thymoquinone.

"Senyawa thymoquinone memiliki aktivitas antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antimikroba, dan imunomodulator. Habbatussauda telah terbukti memiliki potensi terapeutik terhadap infeksi virus, sehingga dapat dipertimbangkan sebagai terapi tambahan pada pasien COVID-19," katanya.

Ia mengatakan, sama dengan habatussauda, madu sudah sejak lama dikenal masyarakat di berbagai belahan dunia memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Selain rasanya yang manis, madu mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Nutrisi tersebut adalah vitamin A, B kompleks, C, E, K, asam fenolik, karotenoid, flavonoid. Senyawa fitonutrien pada madu dapat memperkuat sel imun dalam tubuh. Hal ini dapat memperkecil peluang terjadinya infeksi. Terlebih, madu juga berkhasiat sebagai antijamur dan antibakteri.

"Dengan demikian, mengkonsumsi madu secara rutin dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas dan metabolisme tubuh akan menjadi lebih kuat. Mengkonsumsi madu dapat menjadi salah satu terapi tambahan untuk pasien COVID-19," kata Afifah.

Brand Manager Kojima Diany Kemalasari menjelaskan konsumsi madu habbatussauda Kojima selama pandemi dan musim libur sangat baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas seluruh anggota keluarga.

"Kandungan madu dan habbatussauda dalam Kojima berfungsi sebagai imunostimulan yang memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta phytonutrients sebagai penambah nutrisi alami juga telah dibuktikan oleh Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM)," katanya.

Selain itu, Kojima juga mengandung buah kurma sebagai sumber nutrisi danantioksidan tinggi yang baik bagi tubuh, serta tambahan asam jawa (tamarin) yang membuat rasanya enak dan menyegarkan.

Head of Marketing PT Deltomed Laboratories Maria Eleison mengatakan Kojima aman untuk dikonsumsi setiap hari oleh anak, dewasa maupun lansia.

"Kojima dapat diminum langsung atau dikonsumsi sebagai pendamping makanan dan minuman untuk menambah kelezatan," katanya.