Koperasi bidang pariwisata dikembangkan

id Kemenkop,Koperasi,Pariwisata,Kuningan

Koperasi bidang pariwisata dikembangkan

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim acara Forum Komunikasi Komunitas Pelaku UKM dan Koperasi, di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (21/10/2022). ANTARA/HO-KemenkopUKM

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menyatakan bahwa pihaknya terus mengembangkan dan meningkatkan eksistensi koperasi terutama yang bergerak di bidang pariwisata.

Hal tersebut disampaikan saat dirinya mendukung Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, untuk mengembangkan wisata alam dan agrowisata demi mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.

"Sudah banyak yang sukses dalam mengelola alam yang dijadikan lahan produksi, wisata alam, dan sebagainya. Alhamdulillah, para pelaku usaha di Kuningan juga sudah banyak yang memiliki badan hukum, sehingga akses ke pembiayaan juga bisa lebih baik," katanya dalam sebuah acara di Kuningan, Jabar, lewat keterangan resmi, Jakarta, Minggu.

Bila potensi keindahan alam dikelola dengan baik dan menggunakan hati, lanjutnya, maka akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata. Apalagi, seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, kebutuhan wisata turut meningkat.

Arif mengajak pelaku usaha untuk selalu tekun karena membangun pariwisata tidak bisa instan dan langsung terlihat hasilnya.

Ia turut mengajak masyarakat Kuningan memaksimalkan lahan-lahan tidur atau lahan perhutanan sosial untuk kepentingan produktif. Dengan begitu, lahan-lahan yang dibagikan kepada masyarakat untuk digarap bisa dimanfaatkan dan dikembangkan dengan optimal.

"Kami akan menggandeng sejumlah startup sektor pertanian dan perikanan untuk bekerja sama dan mendampingi masyarakat dalam pemanfaatan lahan perhutanan sosial," ucap dia.

Lebih lanjut, Kemenkop juga mengembangkan destinasi wisata di Indonesia sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat dari aktivitas pariwisata yang ramah lingkungan. Upaya pengembangan sektor pariwisata ditujukan guna mendatangkan kesejahteraan kepada masyarakat secara adil dan merata tanpa mengeksploitasi alam secara berlebihan.


 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkop terus kembangkan eksistensi koperasi di bidang pariwisata
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024