SAR Gunungkidul mencari korban tenggelam di Pantai Jungwok

id Korban tenggelam ,SAR Satlinmas Gunungkidul ,Gunungkidul,SAR Satlinmas Gunungkidul cari korban tenggelam,cari korban ten

SAR Gunungkidul mencari korban tenggelam di Pantai Jungwok

Petugas SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul melakukan pencarian korban tenggelam di Jungwok. (ANTARA/HO-Dokumen SAR Satlinmas Wilayah I Gunung Kidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Tim Pencarian dan Penyelamatan Satuan Perlindungan Masyarakat Wilayah I Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pencarian korban kecelakaan tenggelam di Pantai Jungwok yang merupakan warga Jogotirto, Sleman, atas nama Dimas Ismoyo Nugroho, 23 tahun.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi I Pantai Sadeng, Sunu Handoko Bayu Sagara di Gunungkidul, Minggu, mengatakan, kronologi kejadian, yakni rombongan tiba di Pantai Jungwok kurang lebih 13.30 WIB.

Kemudian pada 16.00 WIB, korban memisahkan diri dari rombongan dan bermain di atas bebatuan kering yang relatif aman sebelah barat.

"Korban terlihat semakin berjalan ke barat di balik bebatuan, sehingga dilakukan peringatan oleh tim SAR tapi karena terlalu jauh sehingga tidak mendengar," kata Sunu.

Selanjutnya, salah satu temannya yang mendengar imbauan tim SAR segera menyusul dan mencari dibalik bebatuan. Setelah sesampainya di balik bebatuan, korban sudah terlihat terjebur ke laut dan terbawa arus ke tengah.

Tim SAR yang memberikan imbauan tapi tidak didengar, sehingga tim SAR segera ke tempat kejadian perkara (TKP). Sesampainya di TKP tim SAR mendengar teriakan teman korban karena korban sudah terapung di laut.

"Tim SAR segera melakukan pertolongan dengan mencebur ke laut namun korban cepat terbawa arus ke tengah dan tenggelam," katanya.

Sementara itu, Kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengimbau wisatawan mematuhi imbauan petugas SAR Satlinmas yang bertugas melakukan pengawasan di pantai.

Ia mengatakan berdasarkan informasi dari tim SAR di lapangan, korban datang bersama rombongan. Saat kejadian korban memisahkan diri dari rombongan menuju bebatuan di sisi barat pantai.

Namun berjalan semakin ke barat di balik bebatuan pantai, sehingga oleh tim SAR diberikan peringatan karena terlalu jauh sehingga tidak mendengar. Teman korban yang mendengar peringatan tersebut segera menyusul dan mencari korban dibalik bebatuan.

Saat di lokasi, korban sudah terjebur ke laut dan terseret arus ke tengah. Tim SAR langsung memberikan pertolongan dengan mencebur ke laut, tapi korban cepat terbawa arus ke tengah dan tenggelam.

"Saat ini masih dalam pencarian korban oleh Tim SAR dan polsek dengan dibantu warga dan keluarga korban," katanya.