Wapres Ma'ruf-PM Mesir kalukan pertemuan bilateral

id Wapres Ma'ruf Amin, PM mEsir Mostafa Kamal Madbouly

Wapres Ma'ruf-PM Mesir kalukan pertemuan bilateral

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat bertemu Perdana Menteri Mesir Mostafa Kamal Madbouly, di Mesir, Selasa (8/11/2022). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

Jakarta (ANTARA) - Wapres Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Mesir, Mostafa Kamal Madbouly, di Paviliun Kantor Perdana Menteri Mesir, Sharm El Sheikh International Convention Centre (SHICC), Sharm El Sheikh, Mesir, Selasa (8/11).

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu dini hari, pada pertemuan yang berlangsung kurang lebih selama 60 menit tersebut, kedua pemimpin membahas berbagai isu seputar perubahan iklim, kerja sama di bidang perdagangan, dan bidang pendidikan.

Mengawali pertemuan, Wapres menyampaikan apresiasi-nya atas peran Mesir dalam upaya global mengatasi isu iklim. Ia menilai sebagai negara berkembang, Mesir dan Indonesia perlu terus mendorong perwujudan komitmen internasional dalam mengatasi isu global ini, dari semua aspek.

"Termasuk pendanaan, peningkatan kapasitas, dan alih teknologi dari negara maju. Kepemimpinan Mesir pada COP27 dan Indonesia pada G20 menjadi momentum untuk menangani berbagai isu krusial terkait ekonomi dan lingkungan hidup," kata Wapres.

Di bidang perdagangan, Wapres memaparkan bahwa hubungan kerja sama antara kedua negara terus mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari adanya kenaikan nilai perdagangan lebih dari 50 persen, mencapai 1,86 miliar dolar AS.

Oleh karena itu Wapres menilai, untuk semakin meningkatkan performa baik ini, pembentukan Joint Trade Committee dan pengembangan Preferential Trade Agreement antar-kedua negara dapat segera ditindaklanjuti.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres lakukan pertemuan bilateral dengan PM Mesir
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024