Sektor jasa keuangan siap-siap hadapi "the perfect storm"

id Perfect storm,ojk

Sektor jasa keuangan siap-siap hadapi "the perfect storm"

Tangkapan layar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar dalam acara Infobank bertajuk Top 100 CEO's and The Next Leader Forum 2022 di Jakarta, Rabu (23/11/2022). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menekankan bahwa industri sektor jasa keuangan harus siap menghadapi the perfect storm atau badai sempurna yang menimpa perekonomian dunia.

"Kesiapan sektor jasa keuangan Indonesia di pihak industri, regulator dan policy maker dalam menghadapi potensi the perfect storm penting," katanya dalam suatu acara di Jakarta, Rabu.

Mahendra menjelaskan saat ini dunia sedang mengalami new uncertainty complex yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat beberapa masalah.

Masalah pertama adalah adanya eskalasi tekanan politik hingga mempengaruhi global value chain dan sistem logistik.

Masalah kedua adalah agresivitas normalisasi kebijakan The Fed yang memicu inflasi tinggi dan pengetatan likuiditas sedangkan masalah ketiga adalah lesunya perekonomian negara-negara maju yang menuju resesi.

Menurutnya, down side risk tersebut dapat membawa perekonomian dunia masuk ke dalam jurang resesi bahkan terjadi stagflasi tahun depan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: OJK: Sektor jasa keuangan harus siap hadapi "the perfect storm"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024