Penyelenggaraan ACFFest 2022 tingkatkan budaya antikorupsi

id KPK,ACFFEST 2022,NURUL GHUFRON,FESTIVAL FILM ANTIKORUPSI

Penyelenggaraan ACFFest 2022 tingkatkan budaya antikorupsi

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron memberikan keterangan usai menghadiri acara malam penghargaan "Anti-Corruption Film Festival" (ACFFest) 2022 di Jakarta, Sabtu (3/12/2022). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengharapkan penyelenggaraan Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) atau Festival Film Antikorupsi 2022 dapat menumbuhkan budaya antikorupsi di masyarakat.

"Harapannya kepada khalayak sineas supaya semakin banyak yang berpartisipasi dan juga kepada penontonnya semakin teredukasi untuk melakukan budaya antikorupsi menggunakan sarana film ini," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pada acara malam penghargaan ACFFest 2022 di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Jakarta, Sabtu malam.

Ia mengatakan bahwa pemberantasan korupsi tidak hanya soal penindakan, namun juga melalui pendidikan dan peran serta masyarakat, salah satunya melalui film.

"Pembudayaan antikorupsi tidak bisa hanya dilakukan dengan menggunakan satu lini, kami melakukan pendidikan antikorupsi melalui kurikulum, melalui ormas, melalui parpol, itu sudah kami lakukan, tetapi juga untuk kalangan kalangan muda, saya kira perlu juga didekati dengan menggunakan budaya dan juga film," ujar Ghufron.

Oleh karena itu, ia juga mengatakan bahwa penyelenggaraan ACFFest tidak hanya sebagai sarana hiburan tetapi juga edukasi bagi masyarakat.

"Jadi, dari tahun ke tahun, film drama, teater itu bukan hanya untuk sarana hiburan tetapi untuk mengedukasi. Oleh karena itu, KPK berharap dengan ACFFest ini bagaimana menggugah insan-insan muda supaya memberikan informasi edukasi dari kalangan muda dengan selera sendiri. Itu yang kami harapkan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ghufron juga mengomentari beberapa film yang berkesan bagi dirinya, yakni film berjudul "Elin" yang memenangi kategori film pendek dokumenter.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPK harap penyelenggaraan ACFFest 2022 tumbuhkan budaya antikorupsi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024