Pemkab Sleman menjaring aspirasi publik untuk penyusunan RKPD 2024

id RKPD Sleman 2024,Kabupaten Sleman ,Pemkab Sleman ,Rencana pembangunan Sleman ,Sleman

Pemkab Sleman menjaring aspirasi publik untuk penyusunan RKPD 2024

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sleman Tahun 2024 di Sleman, Kamis (12/1/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sleman Tahun 2024 di Sleman, Kamis.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman telah menyusun indikasi tema dan prioritas pembangunan tahun 2024 yakni Memantapkan infrastruktur, Transformasi Ekonomi, SDM yang Handal dan Berbudaya untuk peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

"Penyusunan RKPD Tahun 2024 bertujuan untuk memberikan arah pembangunan tahunan Kabupaten Sleman dan sinergi program dan kegiatan di daerah, baik yang dilaksanakan pemerintah pusat, Pemda DIY dan Kabupaten Sleman maupun yang dilaksanakan bersama-sama masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, melalui forum ini, diharapkan para pemangku kepentingan dapat menjaring aspirasi, masukan, saran serta harapan terhadap RKPD Kabupaten Sleman tahun 2024.

"Sehingga rencana pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Sleman ke depan diharapkan mampu menjawab permasalahan dan isu-isu strategis yang ada di Kabupaten Sleman," katanya.

Kustini meminta kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sleman untuk menyusun RKPD dengan tetap berpedoman pada skala prioritas dan rencana strategis masing-masing perangkat daerah.

"Selain itu juga harus ada sinkronisasi dan sinergi antarprogram kegiatan pembangunan sehingga mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi daerah serta menjawab permasalahan dan kebutuhan masyarakat di tahun 2024," katanya.

Menurut dia, keberhasilan pelaksanaan pembangunan di Sleman merupakan hasil dari upaya kolektif, baik dari pemerintah maupun masyarakat serta tidak terlepas dari dukungan para pemangku kepentingan terkait lainnya.

"Di samping itu partisipasi serta peran aktif dari seluruh stakeholder merupakan salah satu elemen penting dalam mewujudkan perencanaan yang efektif dan strategis," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga diadakan diskusi dengan menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono, Kepala Bappeda Kabupaten Sleman Dwi Anta Sudibya dan dua orang dari akademisi yakni Dr Murti Lestari dan Prof Ir Bakti Setiawan.
 

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024