Pemkab Gunungkidul membangun kantor Kecamatan Patuk dan Tanjunsari

id Gunungkidul ,Patuk,Pembangunan kantor kecamatan

Pemkab Gunungkidul membangun kantor Kecamatan Patuk dan Tanjunsari

Kantor Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. ANTAR/HO

Gunungkidul, DIY (ANTARA) - Pemerintah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2023, akan membangun dua kantor kecamatan/kapanewon di Patuk dan Tanjungsari dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bidang, Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Nanang Irawanto di Gunungkidul, Selasa, mengatakan program pembangunan dua kecamatan setiap tahun dimulai sejak 2017, namun saat pandemi COVID-19 pada 2021-2022, program tersebut berhenti sementara karena anggaran dialokasikan untuk penanganan COVID-19.

Program pembangunan kantor kecamatan tidak berjalan dengan lancar karena terdampak pandemi corona.

"Pada tahun ini, kami melanjutkan program tersebut di dua kecamatan, yakni Patuk dan Tanjungsari," kata Nanang.

Ia mengatakan alokasi anggaran untuk membangun dua kantor kecamatan sebesar Rp6,9 miliar. Rinciannya untuk membangun gedung Kecamatan Tanjungsari sebesar Rp3,8 miliar dan Kecamatan Patuk sebesar Rp3,1 miliar.

"Masih proses persiapan dan mudah-mudahan berjalan lancar. Harapannya akhir Februari selesai kontrak dan awal Maret sudah mulai pengerjaan," katanya.

Untuk menyelesaikan program pembangunan kantor kecamatan masih membutuhkan waktu beberapa tahun lagi.

Sampai saat ini, masih ada enam kantor kecamatan yang belum dibangun yakni Nglipar, Gedangsari, Paliyan, Semanu, Rongkop, dan Ngawen.

"Memang bertahap karena kemampuan anggaran milik pemkab yang masih terbatas," katanya.

Panewu/Camat Patuk Martono Imam Santoso mengatakan kantornya akan dibangun di tahun ini. Adapun prosesnya diserahkan sepenuhnya ke DPUPRKP Gunungkidul, selaku OPD teknis yang menangani masalah infrastruktur.

"Kami terima jadi saja," katanya.

Menurut Imam, proses pembangunan tidak akan mengganggu pelayanan di kantor kecamatan. Selama pengerjaan, akan pindah ke kantor lama Kalurahan/Desa Patuk.

"Saat ini, Kantor Desa Patuk pindah ke gedung baru. Jadi, lokasi kantor yang lama kami tempat selama proses pembangunan kantor kecamatan berlangsung," katanya.

Rencananya, proses pemindahan kantor administrasi dan pelayanan dilakukan mulai akhir bulan ini.

"Kami sudah menyiapkan jadwalnya dan akan segera pindah layanan di bekas kantor Kalurahan Patuk," katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024