Polres Bantul melarang bus pariwisata ke Mangunan lewat simpang Patuk

id Wisata Mangunan ,Polres Bantul ,Lebaran 2023

Polres Bantul melarang bus pariwisata ke Mangunan lewat simpang Patuk

Kawasan wisata Mangunan, Dlingo di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta melarang bus pariwisata naik ke kawasan wisata Mangunan, Dlingo melalui simpang tiga Patuk Gunungkidul atau jalur Patuk-Dlingo demi keamanan dan keselamatan bersama selama libur Lebaran 2023.

"Kalau arah Mangunan kita sudah koordinasi dengan pemerintah daerah, juga kelurahan, mereka sepakat untuk bus yang akan ke Mangunan tidak diperbolehkan langsung dari Gunungkidul," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan di Bantul, Sabtu.

Dengan demikian, kata dia, apabila bus pariwisata yang datang dari arah objek wisata di Gunungkidul, ketika hendak ke Mangunan tidak bisa langsung melalui simpang tiga Patuk Gunungkidul, melainkan harus turun ke Jalan Wonosari Piyungan.

"Jadi nanti bus turun lagi melewati Jalan Imogiri kalau mau ke Mangunan, untuk yang bisa ke Mangunan lewat Patuk hanya mobil pribadi roda empat, di situ nanti ada pos dari warga, bus harus lewat jalan Imogiri, tidak boleh lewat Patuk," katanya.

Dia mengatakan, pertimbangan bus pariwisata tidak diperbolehkan ke Mangunan lewat Patuk karena beberapa faktor di antaranya kondisi jalan yang kurang memadai, kemudian sebagian jalan kondisinya rusak, sehingga demi keamanan tidak disarankan dilalui bus.

"Kan biasanya dari Gunungkidul langsung ke Mangunan tapi untuk ini kita larang, ini juga berdasarkan dari instansi terkait, jadi bus turun lagi ke bawah, kalau mau ke Mangunan lewat Imogiri," katanya.

Dia mengatakan, begitu juga sebaliknya untuk kepulauan bus pariwisata atau turun dari kawasan Mangunan, kembali melalui jalur Imogiri-Mangunan atau ke selatan, di sepanjang jalur itu sudah dilengkapi rambu rambu.

Apalagi, kata dia, rombongan wisatawan yang berwisata dari Mangunan kebanyakan rutenya ke kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, sehingga jalurnya sudah tepat, karena dari Imogiri bisa langsung ke Jalan Parangtritis.

"Karena perlu diketahui destinasi wisata di Yogyakarta yang juga paling diminati ternyata itu berdasarkan hasil keterangan dari Dinas Pariwisata itu kawasan Pantai Parangtritis, kemudian yang kedua Mangunan, semuanya di Bantul," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024