STT Migas siapkan SDM untuk IKN Nusantara

id stt migas bersiap sambut ikn

STT Migas siapkan SDM untuk IKN Nusantara

Rencana tata letak kawasan inti pemerintah di ibukota Nusantara yang pembangunannya memerlukan tenaga ahli dan tenaga terampil dari anak bangsa. ANTARA/Novi Abdi

Balikpapan (ANTARA) - Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan turut menyiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi perpindahan ibukota negara dari Jakarta ke Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Tugas kami menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar berkualitas tinggi dan mampu bersaing,” kata Ketua STT Migas Dr Lukman, di Balikpapan, Rabu.

Ia menjelaskan, IKN kelak menjadi etalase Indonesia, tempat di mana SDM-SDM terbaik Indonesia bisa ditemukan dalam semua bidang, tak terkecuali di bidang perminyakan yang menjadi kekhasan STT Migas.

Saat ini di kampus yang selintas tersembunyi di utara Balikpapan tersebut, sudah berjalan dengan baik program studi sarjana S1 Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Industri, dan program diploma atau vokasi, yaitu D3 Teknik Pengolahan Migas dan D3 Teknik Instrumentasi Elektronika Migas.

Saat ini STT Migas juga tengah menyiapkan program studi yang lulusannya bisa berkontribusi langsung pada pembangunan IKN.

Dalam sejarahnya, lulusan STT Migas sudah pula memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan.

“Ada alumni, lulusan kami yang turut berperan dalam penemuan cadangan minyak di Turki,” ungkap Lukman bangga.